Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Juta Wisatawan Kunjungi Banten Saat Libur Lebaran 2024, Lebihi Target

Kompas.com - 30/04/2024, 11:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak tiga juta (3.031.045) wisatawan tercatat mengunjungi Banten saat libur Lebaran 2024 pada pertengahan April 2024 lalu.

Jumlah tersebut melebihi target sebesar 101 persen karena target awalnya adalah tiga juta kunjungan wisatawan.

Baca juga:

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Al Hamidi, masyarakat masih cukup antusias untuk liburan saat Lebaran 2024. Tempat wisata pantai pun jadi favorit.

"Banten itu memiliki wisata unggulan dari masing-masing kabupaten/kota. Namun demikian wisata pantai masih menjadi favorit" ujar Al Hamidi, dikutip dari Antara, Senin (29/4/2024).

Situasi Masjid Agung Banten pada Sabtu (22/7/2023) yang ramai dikunjungi wisatawan.Dok. ANTARA/Lukman Fauzi Situasi Masjid Agung Banten pada Sabtu (22/7/2023) yang ramai dikunjungi wisatawan.

Selain pantai, wisata religi juga cukup populer di kalangan wisatawan lokal dan wisatawan nusantara pada periode libur Lebaran 2024 lalu.

"Yang masih favorit itu wisata pantai pertama, dan wisata religi kedua. Karena ada anggapan 'tidak afdhol' melakukan wisata kalau tidak ke pantai atau ziarah ke lokasi wisata religi seperti Banten lama," jelasnya. 

Baca juga: Sejarah Masjid Agung Banten, Masjid Berusia 5 Abad Peninggalan Kesultanan Banten

Ia menuturkan, sebagian besar wisatawan yang berkunjung merupakan wisatawan lokal dengan perkiraan persentasenya 70 persen. Sisanya adalah wisatawan nusantara dari luar Banten.

"Misalnya dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Lampung karena ada saja wisatawan yang menyeberang dari Lampung itu mampir dulu ke Banten," tuturnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com