Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang Padati Kawasan Pantai Gunungkidul pada Libur Lebaran

Kompas.com - 13/04/2024, 18:06 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Ribuan wisatawan memadati kawasan Pantai Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sabtu (13/4/2024). Kepadatan terpantau sejak jalan arah menuju kawasan pantai.

Dari pengamatan kompas.com kepadatan sudah dirasakan sejak jalur jalan lintas selatan (JJLS) selain itu di tempat pemungutan retribusi (TPR) utama pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari. Kendaraan dari arah pantai diarahkan ke JJLS tidak melalui pintu utama pantai Baron.

Sementara pantauan di Pantai Sepanjang, terjadi kepadatan sejak pagi. Sebagian besar mereka mandi, karena cuaca saat ini sedang cerah.

Baca juga: Potret Toleransi dari Gunungkidul, Warga Saling Minta Maaf Tanpa Memandang Agama Usai Shalat Id

"Kepadatan wisatawan sejak pagi," kata Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Surisdiyanto ditemui kompas.com di pos Satlinmas pantai Sepanjang, Sabtu.

Dikatakannya, sejak libur lebaran tidak ada laporan kecelakaan laut. Pengunjung sebagian besar berasal dari luar kota.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Sebagian besar berasal dari luar kota, seluruh petugas disiagakan," kata dia.

Jangan main air terlalu ke tengah

Wisatawan tetap diimbau untuk tidak bermain air terlalu ke tengah. Selain itu, mewaspadai arus balik atau rip current yang ada di setiap pantai. Jangan sampai bermain atau berenang di sekitar lokasi tersebut.

"Sudah ada rambu, kita juga seringkali mengingatkan agar wisatawan bermain air jangan terlalu ke tengah. Main ke Pantai aman asal ikuti peraturan," kata Suris.

Baca juga: Libur Lebaran, Gelombang Pantai Selatan Gunungkidul Aman untuk Wisata

Suris mengatakan pihaknya menyiagakan 60-an personel dengan mobil ambulan tiga unit, empat kapal jukung, dua jetski, dan satu atv. Pihaknya juga memasang rambu jalur evakuasi tsunami, dan bukit rawan longsor.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta bernama Maya, mengaku sengaja datang hari ini karena beberapa hari setelah shalat Idul Fitri, dirinya banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Wediombo, Gunungkidul.

"Baru bisa hari ini, besuk ke Jogja, dan Senin pulang ke Jakarta," kata dia.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menargetkan unjungan wisata sebanyak 136.205 orang selama libur Lebaran ini pada 10-15 April 2024. Penjual dilarang menarik harga melonjak atau dikenal nutuk.

Baca juga: Info Jalur Mudik: JJLS Gunungkidul sampai Wonogiri Sudah Tersambung

"Taget kunjungan wisata selama libur lebaran 136.205 wisatawan dengan Pendapatan retribusi sebanyak Rp1,5 miliar. Kunjungan wisata diprediksi naik sekitar seribu wisatawan dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul, Supriyanta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com