Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Gelombang Pantai Selatan Gunungkidul Aman untuk Wisata

Kompas.com - 09/04/2024, 20:02 WIB
Markus Yuwono,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Libur lebaran tahun 2024 gelombang di Pantai Selatan Gunungkidul, DI Yogyakarta, diprediksi landai. Namun demikian, saat bermain air harus mengikuti arahan petugas penjaga pantai. 

"Untuk libur lebaran diprediksi gelombang aman ,"kata Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanto. saat dihubungi melalui telepon Selasa (9/4/2024). 

Wisatawan diimbau tidak main terlalu tengah dan mewaspadai arus balik atau rip current yang ada di setiap pantai. Jangan sampai bermain atau berenang di sekitar lokasi tersebut. 

Baca juga:

"Sudah ada rambu, kita juga seringkali mengingatkan agar wisatawan bermain air jangan terlalu ke tengah. Main ke Pantai aman asal ikuti peraturan," kata Suris.

Suris mengatakan pihaknya menyiagakan 60-an personel, dengan mobil ambulan tiga unit, empat kapal jukung, dua jetski, dan satu atv.

Pihaknya juga memasang rambu jalur evakuasi tsunami, dan bukit rawan longsor. 

Tenda wisatawan memenuhi kawasan Pantai Ngrumput, Gunungkidul. Minggu (31/12/2023)Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Tenda wisatawan memenuhi kawasan Pantai Ngrumput, Gunungkidul. Minggu (31/12/2023)

"Kita siapkan jalur evakuasi melalui laut jika terjadi kemacetan. Jika ada pengunjung sakit atau laka laut membutuhkan pertolongan cepat, korban bisa dievakuasi melalui laut didaratkan di pantai Ngrenehan (Saptosari)," kata dia. 

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I pantai Sadeng, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, untuk wilayahnya menyiapkan 35 personil yang siaga di empat pos pantau di Pantai Sadeng, Jungwok, Wediombo, dan Siung.

Baca juga: Catat, Tarif Parkir Resmi di Wisata Pantai Gunungkidul

"Empat pos itu memiliki 16 pantai yang harus dipantau, mulai pantai Krokoh ujung timur Gunungkidul, sampai di Pantai Ngitun," kata Sunu. 

Dijelaskannya, tinggi gelombang perkiraan 1-2 meter, sampai tanggal 14 April 2024 mendatang. 

"Pengunjung diimbau tetap waspada saat bermain di kawasan pantai,"kata dia. (K125-17)

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com