Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Kompas.com - 18/04/2024, 12:40 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Vietnam bekerja sama dengan China berencana membangun dua jalur kereta api berkecepatan tinggi sebelum 2030. 

Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Perencanaan dan Investasi, menandakan hubungan yang semakin erat antara kedua negara tetangga melansir dari CNNTravel, Rabu (10/4/2024)

China merupakan mitra dagang terbesar Vietnam dan menjadi sumber impor yang vital bagi sektor manufaktur negara tersebut. 

Saat ini, kedua negara sudah terhubung melalui sistem jalan raya dan dua jalur kereta api.

Salah satu jalur kereta cepat yang direncanakan akan membentang dari kota pelabuhan Vietnam, Haiphong dan Quang Ninh, melalui Hanoi menuju Provinsi Lao Cai, yang berbatasan dengan Provinsi Yunnan di China. 

Baca juga:

Sementara jalur lainnya akan menghubungkan Hanoi dengan provinsi Lang Son, yang berbatasan dengan wilayah Guangxi, China, melalui area dengan fasilitas manufaktur global, termasuk beberapa di antaranya dimiliki oleh investor China.

Pihak Kementerian tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai proyek tersebut. Namun, Vietnam menyatakan keinginannya untuk belajar dari pengalaman Tiongkok dalam mengembangkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi. 

Selain itu, Vietnam juga tengah merencanakan pembangunan jalur kereta api berkecepatan tinggi yang akan menghubungkan ibu kota Hanoi dengan pusat bisnis Ho Chi Minh City.

Kunjungan Ketua Majelis Nasional Vietnam, Vuong Dinh Hue, ke Beijing baru-baru ini juga menunjukkan upaya Vietnam dalam memperkuat kerja sama dengan China. 

Dalam kunjungannya, ia bertemu dengan para eksekutif perusahaan kereta api Tiongkok dan dijamu oleh Presiden Xi Jinping.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com