Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Sambil Bawa Sepeda, Ini Tipsnya

Kompas.com - 01/10/2018, 13:07 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comLiburan tidak hanya untuk melepas penat dari aktivitas atau hiruk pikuk kota. Namun liburan juga bisa bermanfaat bagi kesehatan seperti dengan bersepeda.

Liburan dengan bersepeda ternyata punya banyak manfaat. Selain bagi kesehatan, ternyata liburan sambil sepedaan juga bisa menghemat kantong karena bisa bepergian ke beberapa tempat wisata atau mengelilingi tempat wisata dengan mengayuh sepeda.

Selain itu dengan sering bersepeda Anda bisa menurunkan berat tubuh dan melatih konsentrasi. Hal ini turut dirasakan oleh Kiky Ashtonya, Founder Gala Trip yang sudah berwisata dengan sepeda sejak Januari 2018 higga ke luar negeri.

Untuk itu liburan ke luar kota bahkan ke luar negri, Anda bisa membawa sepeda pribadi. Tidak semua jenis sepeda bisa, jenis sepeda lipatlah yang disarankan karena mudah untuk dilipat dan praktis untuk dibawa ke manapun.

“Pilihlah sepeda lipat yang ringnya, falepnya itu16 atau 16, 3 per 8. Ada juga 20, tapi itu udah agak besar karena diameter rodanya kan. Pilih sepeda yang lipatannya seringkas mungkin. Kalau berpergian bawah sepeda beratnya bisa 9 hingga 10 kilo,” katanya.

Anda bisa membawa sepeda tersebut dengan melipat dan memasukan ke dalam koper khusus untuk sepeda yang mirip dengan koper biasa dengan ukuran 30 inch dengan volume yang lebih dalam.

“Sekarang sudah ada koper untuk sepeda, jadi ukurannya itu kayak koper biasa, ukuran 30 inch tapi volumenya lebih dalam jadi bisa taro sepeda di bawahnya terus isi baju dan keperluan lain,” terang Kiky.

"Pilih koper yang memang bentuknya itu tidak menyerupai koper sepeda reguler, itu dimensinya panjang dan lebar. Pada saat check-in akan dikenakan additional charge, disebutnya sport equipment. Kalau kita pakai louge khusus yang tidak terlihat seperti koper sepeda, tidak ada ekstra charge,” tambahnya.

Di Indonesia, Anda juga bisa liburan dengan sepedaan yang punya trek bagus yaitu di Bukit Tinggi, Bandung, Gading Serpong, Alam Sutera, SCBD.

Ketika sepedaan jangan lupa gunakan helm yang melindungi otak kecil, pakaian yang nyaman sehingga perjalanan liburan Anda dengan sepeda bisa menyenangkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com