Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelepasan 40 Bhikku Thudong untuk Waisak 2024 Digelar di TMII

Kompas.com - 14/05/2024, 17:34 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelepasan 40 Bhikku Thudong pada rangkaian Perayaan Waisak 2024 digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, hari ini, Selasa (14/5/2024).

Seremonial pelepasan Bhikku Thudong ini menjadi awal perjalanan Thudong (berjalan kaki) para Bhikku dari TMII menuju Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, untuk perayaan puncak Tri Suci Waisak 2568 BE.

Baca juga: Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2024 di Borobudur, Ada Bhikku Thudong hingga Pelepasan Lampion

"Acara penyambutan ini sebagai bentuk penghormatan dan dukungan InJourney Group kepada para Bhikku yang akan melakukan perjalanan ke Candi Borobudur dalam rangka ibadah menyambut Waisak 2024," kata Direktur Pemasaran dan Program InJourney, Maya Watono dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (14/5/2024)

Sebagai informasi, perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2568 BE/2024 akan jatuh pada Kamis (23/5/2024) pukul 20.52.42.

Tahun ini, Tri Suci Waisak digelar dengan tema "Untuk Hidup Bahagia sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah kita Meningkatkan Kesadaran yang Diajarkan oleh Sang Buddha; Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan, dan Kebencian."

Para Bhikku yang ikut serta dalam rangkaian Perayaan Waisak 2024 berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara, seperti dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Baca juga:

Rangkaian pelepasan Bhikku Thudong di TMII

Dancing Fountain Show dengan dongeng pada water screen dan 300 drone yang ditampilkan pada peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Dancing Fountain Show dengan dongeng pada water screen dan 300 drone yang ditampilkan pada peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023).

Rangkaian pelepasan Bhikku Thudong di TMII dimulai dengan pemberian suntik multivitamin kepada para Bhikku yang akan melaksanakan Thudong. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Sasono Utomo, TMII, Selasa (14/5/2024).

Setelah itu, dilanjutkan dengan pengambilan Lentera Air di Anjungan Yogyakarta dalam kompleks TMII. Lentera Air tersebut akan diisi dengan berbagai harapan yang menggambarkan semangat perayaan Waisak 2024.

Acara kemudian dilanjutkan dengan doa lintas agama dan pelepasan satwa di Promenade Archipelago.

Para Bhikku nantinya juga akan menyaksikan atraksi Dancing Fountain (Air Mancur Menari), lalu dilanjutkan dengan walking meditation (meditasi berjalan) dan larung lentera Harapan Semesta di sekitar Danau Archipelago.

"TMII mewakili beragam kebudayaan Indonesia menjadi satu harmoni yang indah. Kami berharap acara penyambutan Bhikku ini bisa semakin menyuarakan tentang indahnya hidup selaras di tengah-tengah keberagaman masyarakat Indonesia," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management, Hetty Herawati, Selasa.

Adapun TMII dipilih sebagai lokasi seremonial pelepasan Bhikku Thudong karena TMII dinilai merupakan representasi kebudayaan Indonesia yg beragama, sekaligus menjadi promosi budaya Indonesia.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com