Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membeli Kebutuhan "Traveling" Secara "Online"? Perhatikan 6 Hal Ini

Kompas.com - 12/03/2016, 00:03 WIB

KOMPAS.com - Saat ini kita sangat bergantung pada internet, tidak terkecuali ketika akan merencanakan liburan, misalnya untuk memesan tiket pesawat atau kereta api, hotel, dan lainnya. Fasilitas internet memang memudahkan kita, namun ketika kita ingin memesan tiket secara online, jangan lupa 6 hal berikut ini:

1. Rencana di muka

Ketika akan melakukan liburan panjang atau liburan keluarga, kita harus merencanakan semua di muka. Paling tidak, tiket pesawat terlebih dulu dipersiapakan.

Hal ini karena semakin cepat memesan tiket, maka akan lebih besar kemungkinan kita mendapatkan diskon tiket penerbangan.

Kebanyakan penerbangan merekomendasikan penerbangan intenasional yang dipesan minimal 3 bulan sebelumnya akan mendapat penawaran terbaik. Hal ini juga berlaku pada situs perjalanan, karena menawarkan tarif perjalanan murah.

2. Bandingkan harga

Tiket apapun harus kita cermati dan bandingkan harganya. Misalnya saja tiket pesawat, sering terdapat perbedaan harga karena adanya perbedaan jumlah bagasi yang dibawa.

Begitu pula dengan hotel, pastikan layanan apa saja yang akan diterima kita selama menginap. Selalu periksa mengapa terdapat perbedaan harga antara satu merek dengan yang lainnya. Pilihlah tiket yang sesuai dengan kebutuhan kita dan ambil harga termurah.

3. Cermati fasilitas khusus yang ditawarkan

Periksalah apa saja fasilitas yang diperoleh jika kita memesan tiket, entah itu fasilitas makanan, asuransi, dan lainnya. Termasuk bila kita pergi bersama anak kecil, cek pada tiket maskapai apakah memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak.

Hal ini karena kadang-kadang maskapai tidak memberikan fasilitas yang sama pada penumpang yang membeli tiket secara online dan secara langsung.

4. Cari tahu tentang pengembalian dana dan kebijakan lainnya

Membaca semua kebijakan yang tertera sebelum membeli tiket secara online adalah kewajiban. Setiap situs atau agen yang menjual tiket mungkin memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Oleh karenanya, yang terbaik adalah kita membaca semua syarat dengan benar terlebih dulu, sehingga jika kita harus membatalkan tiket, kita tahu berapa banyak uang yang dikembalikan.

5. Periksalah validitas dan kadaluarsa tanggal tiket

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com