Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Sam Ratulangi Layani 1,9 Juta Penumpang

Kompas.com - 13/10/2016, 13:04 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Sulawesi Utara, serta berbagai macam agenda berskala nasional di Manado, berpengaruh positif terhadap pergerakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Peningkatan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Sam Ratulangi hingga triwulan III atau September lalu tercatat 1,9 juta penumpang baik domestik maupun internasional. Angka ini naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,5 juta penumpang.

"Tahun ini 1,9 juta orang. Artinya, ada presentase pertumbuhan positif sebesar 27 persen,” kata General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Nugroho Jati, di Manado, Kamis (13/10/2016).

Jumlah penumpang internasional sebanyak 67.000 orang atau meningkat 56 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 42.000 pergerakan penumpang.

Pertumbuhan penumpang internasional triwulan III tahun ini, menurut Nugroho, merupakan yang tertinggi sejak tiga tahun terakhir. Bahkan sudah lebih dari pencapaian total keseluruhan penumpang internasional tahun 2015 yaitu sejumlah 53.000 penumpang.

"Pertumbuhan penumpang yang mulai agresif ini karena kedatangan charter flight dari China sejak 4 Juli lalu hingga akhir triwulan III,“ ujar Nugroho.

Peningkatan ini menunjukkan adanya sinergi yang sangat baik antara pihak bandara dengan pemerintah daerah, tourism board, serta para pelaku industri pariwisata untuk melakukan upaya promosi sehingga dapat meraih lebih banyak wisman.

"Saat ini secara korporasi pun kami tengah menjajaki agar bandara tidak sebatas sebagai infrastruktur namun juga bagaimana kami bisa berperan aktif terhadap pengembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah melalui perdagangan, pariwisata, dan investasi," kata Nugroho.

Sementara itu, jumlah penumpang domestik juga tumbuh menjanjikan dengan total 1,8 juta orang atau meningkat sebesar 27 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat 1,4 juta orang.

KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Pesawat Boeing 737-800 NG milik Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.
Grup Lion masih menjadi maskapai dengan jam penerbangan berjadwal yang mendominasi dengan total rute penerbangan sebanyak 22 rute, yakni 10 rute untuk Wings Air, 9 rute Lion Air, dan Batik Air dengan 3 rute penerbangan.

Berikutnya Garuda Indonesia dengan 9 rute penerbangan, diikuti oleh Citilink sejumlah 3 rute penerbangan, Sriwijaya dan Airfast masing-masing 2 rute penerbangan.

“Jumlah pergerakan pesawat dan kargo juga mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Untuk kargo, hingga triwulan III sejumlah 9,5 juta kilo atau mengalami kenaikan sebesar 7 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 8,8 juta kilo,” papar Nugroho.

Pergerakan pesawat tahun ini jumlahnya telah mencapai 19.000 atau tumbuh sebesar 25 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 15.000 pergerakan.

“Seluruh aspek produksi tumbuh positif hingga triwulan III ini. Untuk itu pihak Bandara Sam Ratulangi berusaha mengimbanginya dengan meningkatkan kualitas pelayanan, baik dari sisi fasilitas maupun kesiapan SDM. Dukungan semua pihak terus kami perlukan agar dapat maksimal dalam memberikan pelayanan,” kata Nugroho. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com