Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Ruang Kreatif Baru di Jakarta, Bisa untuk Nongkrong Santai

KOMPAS.com - Sebuah ruang kreatif untuk tempat berkumpul warga ibukota, Jakarta Creative Zone, resmi diluncurkan oleh Jakarta Experience Board/ PT Jakarta Tourisindo (Perseroda) pada hari ini, Minggu (11/6/2023).

Jakarta Creative Zone by JXB edisi Riverview merupakan proyek perdana creative zone yang berlokasi di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

“Jakarta Creative Zone edisi Riverview, adalah zona kreatif yang ditujukan untuk masyarakat termasuk turis, daily commuter, pesepeda, maupun pejalan kaki di Jakarta,” ujar Direktur Utama Jakarta Experience Board Novita Dewi, dalam peresmian di Jakarta, Minggu (11/6/2023).

  • 10 Tempat Liburan di Jakarta Barat, Ada yang Gratis
  • 10 Tempat Liburan di Jakarta Selatan, Banyak Destinasi Baru

Pada tahap pertama, Jakarta Creative Zone by JXB Edisi Riverview telah terbangun sepanjang 150 meter.

“Kemudian akan dilanjutkan pembangunan ke fase kedua yang akan diperpanjang sejauh 600 meter ke arah stasiun Karet,” imbuh Novita.

Lokasi persis Creative Zone-Riverview dapat ditemukan di Banjir Kanal Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tepatnya di samping Stasiun BNI City.

Jakarta Creative Zone-Riverview dilengkapi dengan smart glass toilet, area kuliner, serta ruang interaksi sebagai tempat aktivasi kreatif di ruang publik.

Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, zona kreatif ini berupaya mengakomodasi kebutuhan masyarakat terutama mereka yang berkantor dan berkegiatan di tengah kota Jakarta.

“Saya berharap Riverview Creative Zone by JXB menjadi tempat dimana ide-ide ide luar biasa hadir dan berkembang. Saya berharap tempat ini menjadi wadah yang memberikan pengaruh positif bagi perekonomian lokal,” kata Andhika.

Ke depannya, kata Novita, Jakarta Creative Zone by JXB juga akan hadir di berbagai lokasi di Jakarta, mengusung beragam tema kreatif dan berkolaborasi dengan komunitas lokal.

“Jakarta Creative Zone by JXB juga diharapkan dapat mendukung citra Jakarta sebagai kota global yang modern, kreatif, dan inklusif,” jelas Novita.

Fasilitas dan area

Jakarta Creative Zone-Riverview dilengkapi dengan fasilitas smart glass toilet, yang dirancang terlihat transparan dari luar namun kaca akan menjadi buram ketika toilet digunakan.

Pembangunan smart glass toilet ini berangkat dari kebutuhan masyarakat dan wisatawan terhadap fasilitas sanitasi yang bersih, nyaman, dan terjangkau.

Dengan biaya Rp 5.000, masyarakat dapat menggunakan fasilitas smart glass toilet ini. Sistem pembayaran dapat dilakukan dengan uang elektronik seperti QRIS dan juga uang tunai.

Jakarta Creative Zone-Riverview juga menyediakan area kuliner, area duduk, serta berkumpul, sehingga fasilitas ini dapat menjadi ruang interaksi bagi komunitas maupun masyarakat umum.

Saat ini JXB sudah memiliki dua titik creative zone dengan dua edisi berbeda yaitu Jakarta Creative Zone by JXB-Riverview di Sudirman dan Jakarta Creative Zone by JXB-Buy Local yang berada di Taman Dukuh Atas.

Berbeda tema dengan edisi Riverview, Jakarta Creative Zone-Buy Local akan dilengkapi dengan informasi pariwisata Jakarta dan penjualan suvenir khas Jakarta.

  • 7 Waterpark di Jakarta, Cocok untuk Liburan Saat Cuaca Panas
  • 6 Tips Main ke M Bloc Space di Jakarta Selatan, Bawa Uang Non Tunai

Buy Local juga akan menyediakan ruang interaksi yang dapat dimanfaatkan komunitas dan masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan kreatif.

Novita juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dari Pemprov DKI Jakarta, kolaborator, dan masyarakat.

“Dalam upaya menuju Jakarta Kota Global, JXB sebagai BUMD yang bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan juga berharap nantinya fasilitas ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta dan menjadi urban ikon baru di tengah kota,” pungkas Novita.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/11/135529727/ada-ruang-kreatif-baru-di-jakarta-bisa-untuk-nongkrong-santai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke