Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serunya Pengalaman Main sambil Olahraga di Indonesia Sport Theme Park

KOMPAS.com- Bagi kamu yang senang berolahraga seperti berkuda, sepak bola, badminton, golf, atau memanah secara virtual di dalam ruangan, bisa coba datang ke destinasi ini.

Indonesia Sport Theme Park, adalah arena bermain virtual theme park yang dikatakan sebagai pertama dan terbesar di Indonesia.

Lokasi tepatnya ada di Lantai 1, Mall of Indonesia (MOI), Jalan Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jam bukanya adalah setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Cukup viral di TikTok beberapa waktu terakhir, Kompas.com pun tertarik mengunjungi wahana permainan dan olahraga virtual ini.

Pada Rabu (14/6/2023) siang, Kompas.com tiba di Mall of Indonesia, Jakarta Utara. Dari Lobby 1 atau pintu masuk utama, untuk menuju Indonesia Sport Theme Park harus naik satu lantai kemudian menuju ke sebelah kiri.

Dari depan, akan terlihat gerbang bertuliskan Legend Heroes, Sport Theme Park.

Sebagai informasi, Indonesia Sport Theme Park ternyata dibagi menjadi dua. Ada Legend Heroes yang menawarkan belasan wahana bermain dan olahraga, dan ada juga Green Belle yaitu khusus untuk golf.

Keduanya berada di satu area yang sama, meski dipisahkan dengan tempat registrasi di bagian tengah.

Tertarik dengan yang ramai di media sosial, Kompas.com mencoba area Legend Heroes terlebih dahulu.

Wahana yang baru dibuka pada November 2022 di MOI ini menawarkan 16 permainan yang juga bisa menjadi sarana olahraga. Ada panahan, sepak bola, menembak, ski, sepeda, berkuda, pinball, hingga badminton.

Sebelum masuk, pengunjung diharuskan registrasi dan membeli tiket permainan yang nantinya ditukarkan menjadi tiket untuk digunakan selama di wahana.

Harga permainan ini mulai Rp 30.000 per satu permainan, hingga Rp 200.000 untuk bermain selama 2 jam (bebas permainan apa saja).

Usai registrasi, Kompas.com masuk ke area bermain, setelah sebelumnya menitipkan tas di loker yang tersedia.

Siang itu, area Legend Heroes nampak tidak terlalu ramai, karena termasuk hari kerja. Di setiap permainan, terlihat satu dua pengunjung, namun tidak sampai mengantre.

Olahraga sampai berkeringat di Legend Heroes

Akhirnya Kompas.com memilih permainan pertama yang sedang sepi, yaitu Horse Riding. Usai melakukan tap kartu di mesin, pengunjung bisa langsung menaiki wahana.

Untuk Horse Riding atau berkuda, waktunya sekitar 6 menit untuk satu kali bermain. Meski virtual, sensasi menaiki kuda dengan jalan yang terlihat nyata memang cukup seru dan menantang.

Selanjutnya, Kompas.com juga mencoba Bicycle atau bersepeda. Dari sekitar lima permainan yang dinaiki siang itu, menurut pendapat pribadi, bersepeda termasuk yang menguras tenaga.

Meski hanya sekitar 6 menit, bersepeda di virtual theme park ini serasa mengayuh pedal sesungguhnya. Keringat cukup keluar meski tempatnya sangat sejuk karena dilengkapi pendingin ruangan.

Apalagi, kecepatan sepeda termasuk cukup lambat jika tidak mendapatkan energi dan kita pun mudah tertinggal dari pesepeda lainnya.

Usai bermain lima permainan, Ski, Pinball, Horse Riding, Ski, dan Batting, Kompas.com merasa haus dan memutuskan mengisi dahaga dengan air dingin yang dijual di mini kafe Legend Heroes.

Rasanya, tempat ini memang tepat jika pengunjung ingin berolahraga, namun mencari yang relatif santai sambil bisa seru-seruan bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Mengingat banyaknya permainan yang ada, tidak cukup sepertinya hanya membeli paket satu atau tiga permainan saja. Lebih baik pilih paket permainan hitungan satu atau dua jam agar lebih puas.

Menuju sore hari, Kompas.com berlanjut ke area Green Belle Sport Theme Park. Area ini khusus bagi yang menggemari golf virtual di dalam ruangan. 

Satu area besar memang dikhususkan hanya untuk golf. Sebab, tak hanya bermain atau latihan, di sini juga tersedia pelatihan atau akademi golf bagi mereka yang mau serius menekuninya. 

Untuk kisaran harga golf yang Regular mulai Rp 120.000 per orang, hingga golf virtual di ruang privat yang berkapasitas besar Rp 300.000.

Biaya ini belum termasuk perlengkapan jika tidak membawa sendiri dan ingin menyewa stik hingga sepatu di tempat. Biaya sepatu mulai Rp 50.000 per sesi, sedangkan perlengkapan mulai Rp 200.000 per sesi. 

Jika Legend Heroes lebih ditujukan untuk bermain dan bersenang-senang, nampaknya Green Belle lebih tepat jika menjadi tempat untuk pengunjung yang lebih serius dan memang menggemari olahraga golf. 

Sebab, tidak semua orang bisa fokus dan benar-benar menikmati golf. Seperti Kompas.com, karena belum terbiasa, hanya mencoba sesuai sesi, kemudian mencoba latihan di putting green. 

Namun, meski baru pertama mencoba, tidak perlu khawatir atau segan meminta bantuan dari staf yang ada di lapangan. Para staf di Green Belle cukup ramah dan siap membantu jika ada pengunjung yang memerlukan bantuan. 

Tak terasa, hari sudah memasuki sore. Kompas.com pun memutuskan kembali ke rumah. Sedikit tips saat berkunjung, sebaiknya ajak teman agar permainanmu bisa menjadi lebih seru, karena ada beberapa wahana juga yang harus diikuti dua orang. 

https://travel.kompas.com/read/2023/06/15/180700127/serunya-pengalaman-main-sambil-olahraga-di-indonesia-sport-theme-park

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke