Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Data Google 2023: Masyarakat Semakin Nyaman Naik Transportasi Umum

KOMPAS.com - Google Indonesia merilis data terbaru mengenai Jakarta, dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-486 DKI Jakarta yang dirayakan setiap 22 Juni.

Datanya berupa penelusuran yang paling banyak dicari, serta trending di Google Search yang dicari masyarakat mengenai Jakarta, salah satunya dari bidang transportasi.

  • Promo HUT Ke-496 Jakarta, Naik Transjakarta Cuma Bayar Rp 1
  • Panduan Lengkap ke Indonesia Sport Theme Park Jakarta, Main Sambil Olahraga

Dari hasil survei setahun terakhir, diketahui bahwa masyarakat Jakarta mulai merasakan kenyamanan di dalam transportasi umum.

“Penelusuran seputar LRT dan TransJakarta masing-masing naik lebih dari 70 persen, sedangkan Jakarta MRT mengalami peningkatan lebih dari 90 persen,” kata Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan lewat keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Jak Lingko, moda transportasi umum jenis bus kecil (mikrotrans) yang dapat diakses masyarakat dengan tarif Rp 0, cukup menarik perhatian warga Jakarta.

“Pencarian cara beli kartu Jak Lingko mengalami peningkatan pesat (breakout) dalam setahun terakhir,” ujarnya.

Selain itu, kata Feliciana, pencarian “Jalur Jak Lingko” mengalami peningkatan lebih dari 110 persen selama setahun terakhir.

  • Jam Operasional 4 Rute Transjakarta ke PRJ
  • Naik Transjakarta, LRT, dan MRT Kini Tak Wajib Pakai Masker

Selain pencarian “Jalur Jak Lingko”, beberapa pencarian seputar transportasi umum juga mengalami peningkatan signifikan.

Pencarian tersebut, di antaranya pencarian dengan kata kunci “rute MRT jakarta 2023”, “rute lrt jabodebek 2023”, dan “rute transjakarta 2023”.

Felicia mengatakan, perayaan ulang tahun Jakarta merupakan momentum yang dinanti dan selalu seru dirayakan oleh masyarakat Ibu Kota. Cara perayaan tersebut dapat dilihat melalui Google Trends.

“Apa pun cara perayaannya, beragam tur di Google dapat membantu masyarakat untuk merayakannya, hanya dengan akses melalui ponsel mereka,” tutur Felicia.

  • 2 Tempat Wisata di Jakarta untuk Lihat Sigale-gale, Boneka yang Kabarnya Bisa Gerak Sendiri
  • Serunya Naik Bus Tingkat Wisata Jakarta Gratis, Lihat Panorama Kota dari Atas

Beberapa fitur Google yang bisa dimanfaatkan untuk menjelajahi Jakarta saat momen ulang tahun tersebut, antara lain mengecek jadwal dan moda transportasi yang bisa digunakan dari lokasi awal ke tujuan.

Caranya dengan membuka aplikasi Google Maps, tentukan lokasi tujuan, lalu pilih jenis kendaraan (transportasi umum).

Tidak hanya itu, ada pula fitur untuk mengetahui jam sibuk di tempat yang ingin kamu kunjungi.

“Di Google Search, kita bisa merencanakan hari dan perjalanan, dengan mencari jam sibuk lokasi yang ingin kita kunjungi,” kata Felicia.

Caranya, ketik lokasi tujuan di Google Search, lalu akan muncul keterangan lebih lanjut di layar sebelah kanan. Kamu bisa mencari tahu mengenai informasi jam sibuk suatu lokasi di kolom tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa belajar sejarah Jakarta dari mana saja lewat Google Arts & Culture.

“Lewat Google Arts & Culture, kini kamu bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah secara virtual,” kata Felicia.

Caranya dengan mengunduh aplikasi Google Arts & Culture di Apps Store, lalu ketik di pencariannya bangunan bersejarah atau lokasi museum yang ingin kamu ketahui.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/21/213600327/data-google-2023--masyarakat-semakin-nyaman-naik-transportasi-umum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke