Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Kepresidenan Yogyakarta Dibuka untuk Umum, Simak Caranya

Kompas.com - 10/05/2024, 18:00 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Istana Untuk Rakyat (Istura) di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kembali dibuka untuk kunjungan masyarakat. 

Dikenal pula sebagai Gedung Agung, bangunan ini kerap menjadi tempat menerima tamu-tamu agung. Ada yang sekadar singgah, ada pula yang sampai menginap, salah satunya Perdana Menteri Aljazair Ferhart Abbas pada tahun 1960-an.

Baca juga: 5 Fakta Istana Kepresidenan Yogyakarta, Tempat Jokowi Shalat Id

Istana Kepresidenan Yogyakarta terletak dekat Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg, dan Malioboro. Alamatnya di ujung selatan Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Simak tata cara dan tips berkunjung ke Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Baca juga:

Cara berkunjung ke Istana Kepresidenan Yogyakarta

Suasana Istana Kepresiden Gedung Agung Yogyakarta, Rabu (28/6/2023). Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1946 dilakukan di tempat ini.Kompas.com/Wijaya Kusuma Suasana Istana Kepresiden Gedung Agung Yogyakarta, Rabu (28/6/2023). Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1946 dilakukan di tempat ini.

Untuk bisa berkunjung ke Istana Kepresidenan Yogyakarta, calon pengunjung mengirimkan surat permohonan kunjungan kepada Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Isi surat permohonan tersebut adalah hari, tanggal, dan jam kunjungan, serta jumlah peserta. Jangan lupa cantumkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan kontak penanggung jawab.

Surat permohonan tersebut bisa dikirimkan langsung melalui email ke istana.kepresidenan.yogyakarta@gmail.com. Bisa juga langsung dikirimkan ke kantor yang berada di Jalan Margo Mulyo Nomor 3, Ngupasan, Gondomanan, DIY.

Baca juga: 4 Wisata Hutan Pinus di Bantul Yogyakarta

Dilansir dari akun resmi Instagram Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (8/5/2024), ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi selama berkunjung ke Istana Kepresidenan.

Calon pengunjung wajib berpakaian yang sopan dan rapi, serta tidak membawa makanan dan minuman.

Jika membawa kamera, harap dititipkan ke koordinator pengunjung. Mereka juga dilarang memotret selama kunjungan dan dilarang parkir di dalam area istana.

Setelah berkunjung, jangan lupa mengisi kuesioner serta penilaian.

Dilansir dari Tribun Jogja, Jumat (10/5/2024), sebelumnya Istana Kepresidenan Yogyakarta pernah dibuka untuk umum pada Januari 2023. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com