Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Long Weekend, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalanan Kota Yogyakarta

Kompas.com - 09/05/2024, 15:19 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang akhir pekan, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta terapkan rekayasa lalu lintas untuk atasi kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Yogyakarta.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan rekayasa bakal dilakukan salah satunya di jalan Malioboro dan sekitarnya hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan.

 

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dishub Kota Yogyakarta berbagai macam seperti pemantauan lalu lintas menggunakan Area Traffic Control System (ATCS).

 

“Kami optimalkan pengaturan lalu lintas menggunakan ATCS di semua simpang di Kota Yogyakarta,” kata Agus, Jumat (9/5/2024).

 

Baca juga:

Agus menambahkan jalanan yang menjadi perhatian Dishub Kota Yogyakarta adalah jalan menuju Tugu Malioboro Keraton atau Gumaton yang setiap musim liburan menjadi sasaran kunjungan wisatawan.

 

"Kami juga berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Jogja. Selain itu beberapa simpang juga akan kita antisipasi manakala terjadi peningkatan eskalasi lalin," tuturnya. 

 

Ia menambahkan khusus kawasan Malioboro rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan berupa penutupan arus arus lalu lintas. Namun penutupan ini melihat situasi terlebih dahulu jika sudah terlalu padat maka penutupan akan dilakukan.

 

“Kalau lalu lintas dari Kleringan ke Malioboro antreannya sampai di jalan Kleringan maka akses jalan masuk ke Malioboro ditutup dialirkan ke Kridosono,” kata dia.

 

Baca juga: Panduan Lengkap Belanja di Teras Malioboro 1 Yogyakarta

 

Jalan malioboro mulai dipadati wisatawa saat H-2 Lebaran, Senin (8/4/2024)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Jalan malioboro mulai dipadati wisatawa saat H-2 Lebaran, Senin (8/4/2024)

 

Ia menambahkan akses jalan menuju Malioboro tak hanya melalui Jalan Kleringan tetapi juga bisa melalui Jalan Mataram. Khusus Jalan Mataram jika kepadatan atau antrean kendaraan sampai dengan Gardu Anim maka jalur akan ditutup dan dialirkan ke Kridosono.

 

"Jika Arus dari arah Kridosono juga padat hingga antrian sampai ke Jalan Ahmad Jazuli dan arus Malioboro dan Pasar Kembang menyentuh gardu anim maka akan dilakukan penutupan di kafe Legend (jalur)," tandasnya. 

 

Terakhir jika Kridosono juga macet maka akan dilakukan penutupan arus masuk ke Jalan Margo Utomo di Simpang Tugu. 

 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com