Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata di Cicalengka Bandung, Cocok untuk Petualang

KOMPAS.com - Bandung tak pernah kehabisan destinasi menarik untuk dikunjungi, baik di kawasan kota maupun sekitarnya.

Melipir sedikit dari Kota Bandung, kamu juga bisa menemukan sejumlah destinasi wisata menarik di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Kompas.com merangkum beberapa tempat wisata di Cicalengka Bandung yang dapat dikunjungi saat berakhir pekan.

Penyuka wisata alam bisa singgah sejenak di air terjun Cinulang atau Curug Cinulang.

Lokasinya ada di antara Sumedang dan Bandung, tepatnya di Jalan Cicalengka Sindang Wangi Nomor KM 07, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Di sini, pengunjung bisa menikmati asrinya pemandangan alam sekitar dengan air terjun deras yang mengalir dari ketinggian.

Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu mengarahkan kendaraan ke timur Kota Bandung. Durasi perjalanan yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam hingga 2 jam.

Tak jauh dari Curug Cinulang, ada destinasi wisata bernama Cicalengka Dreamland.

Salah satu wahana populernya adalah flying fox yang terbentang sepanjang 720 meter dan diklaim sebagai yang terpanjang kedua di Indonesia.

Destinasi ini juga menempatkan beberapa instalasi atau dekorasi bernuansa Islam. Misalnya, tulisan "I Love Al Quran" yang kerap dimanfaatkan sebagai latar foto.

Cicalengka Dreamland buka setiap hari kecuali Jumat, dengan tiket masuk berkisar antara Rp 20.000-Rp 30.000.

Jika pernah menyaksikan serial televisi anak Teletubbies, kamu mungkin sudah familiar dengan keberadaan perbukitan hijau yang kerap dijadikan tempat bermain para karakternya.

Di Cicalengka, kamu juga bisa menemukan hamparan perbukitan serupa, yang kemudian diberi nama Bukit Teletubbies, yang kerap dimanfaatkan sebagai spot berfoto atau menikmati matahari terbit dan terbenam.

Dikutip dari Tribun Jabar, lokasinya ada di Desa Tanjungwangi, Cicalengka.

Untuk mencapainya, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 9 kilometer dari Jalan Raya Bypass Cicalengka, hingga tiba di Desa Tanjungwangi.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi jalan setapak sekitar 2 kilometer menuju titik lokasi dengan berjalan kaki atau naik kendaraan roda dua.

Jika gemar berpetualang, tak ada salahnya mencoba menjelajahi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK) untuk merasakan udara sejuknya menerpa kulit dan pepohonan rindang di sekitar.

Lokasinya ada di Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka.

Dikutip dari Kompas.com, tak hanya untuk berwisata, di sini pengunjung juga bisa belajar atau mengenal pelestarian lingkungan.

Ada pula pilihan penginapan berupa rumah pohon dan perkemahan yang cocok untuk bermalam para petualang alam.

Tak perlu jauh-jauh ke Ubud, Bali jika ingin menikmati panorama lembah hijau yang berpadu terasering sawah nan menyegarkan mata. Kamu juga bisa datang ke Pasir Candi.

Dikutip dari Tribun Jabar, "pasir" tersebut merujuk pada Bahasa Sunda yang berarti bukit. Tempat tersebut disebut Pasir Cnadi karena perbukitannya menyerupai bentuk candi.

Kita bisa menemui terasering ini di perjalanan menuju Curug Cinulang dan Taman Buru Masigit Kareumbi, lokasinya ada di Tenjolaya, Cicalengka.

Saat berkunjung, kita juga bisa menikmati pemandangan Gunung Kerenceng yang berdiri dengan megah di kejauhan.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/21/174843227/5-tempat-wisata-di-cicalengka-bandung-cocok-untuk-petualang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke