Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Destinasi Wisata Unggulan Arab Saudi, Kunjungi Museum Bersejarah

Kompas.com - 05/05/2024, 17:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber UNESCO

KOMPAS.com -  Arab Saudi kerap dikunjungi oleh umat Islam untuk menunaikan ibadah umrah atau haji.

Namun selain untuk kunjungan ibadah, Arab Saudi juga punya banyak destinasi dan tempa wisata yang sayang untuk dilewatkan.

"Selain ke Mekkah dan Madinah, mereka juga bisa menjelajahi Jeddah, Al Ula, dan Riyadh," kata Presiden of APAC Saudi Tourism Authority, Alhasan Aldabbagh di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2024).

Baca juga:

Hasan melanjutkan, berwisata ke Arab Saudi kini bisa menggunakan visa umrah. Visa ini berlaku untuk satu kali kunjungan dan menetap di Arab Saudi maksimal selama 90 hati.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Destinasi wisata unggulan di Arab Saudi

Jika berkesempatan singgah ke Arab Saudi, berikut tiga destinasi unggulan di Arab Saudi yang disarankan untuk didatangi:

1. Jeddah

Kata Hasan, Jeddah dikenal sebagai pintu masuk wisatawan ke Arab Saudi. Di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan di Waterfront Promenade sepanjang Corniche.

Masjid Al Rahmah yang dikenal sebagai masjid apung di Jeddah, Arab Saudi.Dok. Pixabay/Anonymous Traveller Masjid Al Rahmah yang dikenal sebagai masjid apung di Jeddah, Arab Saudi.

Selain itu bisa merasakan keseruan di pasar tradisional seperti Al Alawi dan Souk Al Baghdadiyah.

"Tempat yang wajib dikunjungi di antaranya Masjid Al Shafei yang bersejarah dan akuarium terkenal yaitu Fakeeh," katanya.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Mekkah dan Jeddah, Cocok untuk Wisata Setelah Umrah

Ia melanjutkan, bagi yang menggemari wisata kuliner, bisa mencicipi makanan lezat di toko roti Al-Saidi Furn yang sudah ada sejak 200 tahun lalu.

"Jeddah juga punya tempat belanja yang seru, mulai dari Red Sea Mall sampai Jeddah Boulevard yang menawarkan pengalaman belanja modern dan tradisional," katanya.

Wisatawan bisa eksplor pasar tradisional seperti AlBalad dan Souk Al Alawi, atau mengunjungi atraksi seperti Akuarium Fakieh dan Air Mancur Raja Fahd.

2. Al Ula

Di Al Ula wisatawan bisa menemukan situs warisan dunia UNESCO yang menyimpan sejarh selama 200.000 tahun. Situs tersebut bernama Hegra Al Ula.

Hegra, situs warisan dunia di AlUla.Dok.Visitsaudi.com Hegra, situs warisan dunia di AlUla.

Dilansir dari laman resmi UNESCO, situs arkeologi Hegra Al Ula ialah properti warisan dunia pertama, yang dicantumkan di Arab Saudi. Tempat ini dikenal sebagai kanvas sekaligus catatan asal usul budaya di sana.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jeddah, Ada Situs Warisan Dunia UNESCO

"Para pencari sensasi bisa menikmati petualangan outdoor di antara enam cagar alam di daerah ini, termasuk Jabal AlFil yang ikonis, juga dikenal sebagai Elephant Rock," katanya.

3. Riyadh

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika mampir ke Riyadh yaitu Istana Masmak. Tempat ini cocok untuk wisatawan yang menyenangi sejarah dan peninggalan barang-barang kuno.

Ilustrasi Riyadh, ibu kota Arab Saudi.Dok. Pixabay/apriltan18 Ilustrasi Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Selain itu, di Riyadh juga ada Museum Nasional yang menyimpan benda bersejarah seperti salinan Al-Quran yang langka, penyimpanan milik Nabi Muhammad SAW, dan penyimpanan milik para khalifah.

Baca juga: Panduan Wisata di Riyadh, Kota Modern di Arab Saudi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com