Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Open Trip ke Badui Dalam, Butuh Bujet Berapa?

Kompas.com - 24/05/2024, 12:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANTEN, KOMPAS.com - Baduy Dalam atau Badui Dalam di Banten dikenal sebagai kawasan adat yang masih terjaga. Tidak hanya dari alam, tapi juga dari kultur dan aspek kehidupan.

Maka dari itu, tidak heran Badui kerap dituju oleh wisatawan yang ingin menepi sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota dan terpaan media sosial.

Baca juga: Mengenal Desa Wisata Saba Baduy, Tempat Tinggal Suku Badui di Banten

Jika belum pernah menapaki Badui Dalam, Kompas.com menyarankan wisatawan untuk ikut open trip bersama pemandu yang sudah berpengalaman.

Pada Sabtu (18/5/2024), Kompas.com berkunjung ke Badui Dalam bersama salah satu jasa open trip. Simak rincian bujet yang perlu dipersiapkan bila ingin open trip ke Badui Dalam.

Open trip ke Badui Dalam, butuh bujet berapa?

Biaya open trip ke Badui Dalam

Bujet open trip ke Badui Dalam yang ditawarkan oleh setiap jasa agen perjalanan berbeda-beda. Saat Kompas.com berangkat, biaya open trip yang perlu dibayar mulai Rp 200.000 per orang.

Bujet ini khusus untuk perjalanan pergi pulang lewat jalur Ciboleger. Jalur ini cukup menantang dan ekstrem, tetapi cocok dilalui oleh wisatawan yang ingin mendokumentasikan perjalanan.

Baca juga: 17 Agustus Menginap di Kampung Baduy Dalam

Potret Kompas.com bersama peserta open trip Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Potret Kompas.com bersama peserta open trip Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024).

Tetapi, jika ingin melewati jalur yang lebih landai saat perjalanan pulang, kamu bisa ambil jalur campuran, dengan rute pulang lewat Cijahe. Perjalanan pulang lewat jalur ini membutuhkan tambahan biaya mulai Rp 55.000 per orang.

Saat ikut trip, Kompas.com memutuskan untuk ikut jalur campuran sehingga biaya yang perlu dibayar yakni sebesar Rp 255.000 per orang.

Biaya trip tersebut sudah termasuk transportasi pergi-pulang dari lokasi penjemputan di Stasiun Rangkasbitung, serta makan malam dan sarapan di rumah warga Badui Dalam.

Baca juga:

Transportasi ke Badui Dalam

Kawasan Ciboleger, lokasi antar jemput penumpang untuk trip ke Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Kawasan Ciboleger, lokasi antar jemput penumpang untuk trip ke Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024).

Lokasi keberangkatan menuju Badui Dalam dimulai dari Stasiun Rangkasbitung. Jika berangkat dari arah Jakarta, kamu bisa naik KRL Commuter Line dari Stasiun Tanah Abang.

Perjalanan naik KRL dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkasbitung butuh biaya sebesar Rp 8.000.

Dengan demikian, total biaya KRL selama perjalanan pergi-pulang yakni Rp 16.000.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com