Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Tambah 6 Negara yang Bisa Ajukan Visa Elektronik

Kompas.com - 24/10/2023, 05:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata Arab Saudi menambah enam negara ke dalam daftar negara yang warganya bisa mengajukan visa kunjungan elektronik (e-visa), Selasa (17/10/2023). Total negara yang ada di daftar tersebut saat ini 63 negara.

Keenam negara tersebut adalah Turkiye, Thailand, Panama, Saint Kitts dan Nevis, Seychelles, serta Mauritania.

Baca juga:

"(Arab Saudi) menambah Turkiye ke program eVisa, dan kami percaya hal itu bisa memberikan fasilitas yang luar biasa bagi warga negara Turkiye yang ingin ke Tanah Suci," tutur Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, dikutip dari Anadolu Ajansi, Senin (23/10/2023).

Pemegang visa elektronik ini dapat melakukan sejumlah kegiatan di Arab Saudi, antara lain berwisata, beribadah umrah, mengunjungi sanak saudara atau sahabat, serta menghadiri pameran dan konferensi.

Baca juga: Lion Air Terbang Langsung dari Solo ke Arab Saudi, Mulai 9 September

Ilustrasi umrah.SHUTTERSTOCK/AYMAN ZAID Ilustrasi umrah.

Warga negara dari keenam negara tersebut bisa mengajukan visa turis secara daring atau setibanya di salah satu bandara internasional di Arab Saudi, dilansir dari Arab News.

Masa berlaku visa elektronik ini adalah satu tahun. Pemegangnya juga bisa masuk-keluar Arab Saudi lebih dari sekali, dengan lama tinggal hingga 90 hari.

Dilansir dari situs web resminya, pelaku perjalanan bisa mengajukan visa elektronik ini secara daring dengan mengisi formulir, lalu membayar biaya visa elektronik.

Baca juga:

Selain enam negara yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa negara lain yang warganya bisa mengajukan visa ini, di antaranya Kanada, China, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Brunei Darussalam, dan Australia.

Namun, Indonesia belum masuk dalam daftar tersebut. 

Baca juga: Mengenal Mekkah di Arab Saudi, Tidak Hanya Jadi Tempat Ibadah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com