Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke Jasmine Park, Kafe Peternakan di Tangerang

KOMPAS.com - Warga Jabodetabek khususnya Tangerang yang ingin mencari wisata keluarga sekaligus edukatif dengan biaya terjangkau bisa mengunjungi Jasmine Park di Cisauk. 

Baru beroperasi sekitar dua bulan, tempat wisata ini sudah cukup ramai dikunjungi karena menawarkan kombinasi hal menarik, yaitu kafe restoran dan peternakan berisi hewan. 

"Sekarang kami buka kafe, restoran menyusul masih tahap pembangunan," ujar pengurus Jasmine Park bernama Kevin, saat ditemui Kompas.com di lokasi, Jumat (14/7/2023).

Nantinya, kata dia, Jasmine Park akan dikembangkan menjadi tempat wisata dengan beragam pilihan rekreasi.

Mulai dari kafe, restoran, tempat oleh-oleh, toko roti, hingga edukasi anak melalui hewan-hewan peternakan.

Panduan lengkap ke Jasmine Park di Cisauk

Jika tertarik berkunjung, berikut informasi selengkapnya yang Kompas.com rangkum dari penjelasan Kevin.

Daya tarik Jasmine Park

Untuk saat ini, Jasmine Park memang masih dalam tahap penyempurnaan pembangunan. Namun, fasilitas yang ditawarkan termasuk cukup lengkap.

Ada kafe semi-outdoor dengan peternakan mini berisi sekitar 200 koleksi hewan eksotis yang bisa dinikmati saat ini. 

Hewan-hewan tersebut merupakan milik pribadi pemilik Jasmine Park. Pengunjung bisa melihat binturong, meerkat, iguana, ular, kambing kerdil, kelinci, merak, aneka burung, sampai kura-kura. 

Untuk ke depannya, Jasmine Park akan diperluas menjadi restoran dan wisata edukasi anak sekolah dengan alur mengenal hewan, cara hidup, perawatan, dan memberi makan. 

Adapun untuk makanan dan minuman khas Jasmine Park adalah Nasi Liwetan dan juga Es Kopi Jasmine. Harganya dibanderol Rp 5.000-Rp 200.000an untuk porsi liwet empat orang. 

Untuk masuk dan melihat-lihat hewan, pengunjung belum dikenakan biaya apa pun alias gratis untuk saat ini.

Nantinya, pengelola Jasmine Park berencana membuat alur pengunjung yang ingin mencoba pengalaman memberi makan atau aktivitas lain, dengan biaya tidak lebih dari Rp 30.000.

Lokasi dan jam buka

Lokasi Jasmine Park agak tersembunyi, namun masih mudah dicapai. Pengunjung bisa masuk gang di Jalan Gunung Maloko, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Jika datang dari Jakarta atau daerah di Jabodebek lainnya dengan transportasi umum, cara termudah bisa menggunakan KRL. Turun di Stasiun Cicayur, lalu lanjut naik ojek online sejauh 1,2 kilometer kira-kira lima menit.

Jam operasional Jasmine Park untuk saat ini adalah setiap hari Senin-Minggu, pukul 09.00 WIB-18.00 WIB. Akan tetapi, jam buka ini masih bisa berubah sewaktu-waktu.


Aktivitas di Jasmine Park

Ada beberapa aktivitas yang bisa membuatmu betah berlama-lama di Jasmine Park. Mulai dari menikmati beragam variasi makanan ringan, makanan berat, dan minuman. Selain lezat, harganya termasuk cukup terjangkau. 

Selanjutnya adalah mengerjakan tugas sambil bersantai. Pengunjung bisa duduk di area semi-indoor, di sebelah danau, atau di area pohon besar. Daerah kafe yang luas membuat suasana menjadi sunyi dan hening sehingga cocok bagi yang ingin fokus membuat tugas.

Jasmine Park juga menjadi tempat konten video ataupun foto. Untuk foto, ada banyak sekali spot-spot foto yang cantik dan berlatar pemandangan alam. Pengunjung juga bisa berfoto-foto dengan aneka hewan. 

Terakhir, berkeliling peternakan di Jasmine Park melihat 200 koleksi hewan yang termasuk jarang ditemui di kebun binatang di Indonesia.

Sebagian besar hewan dimasukkan ke kandang dan tidak boleh disentuh karena rawan stres, namun ada juga beberapa hewan yang dibiarkan di ruang terbuka dan boleh disentuh.

Tips Kunjungan

Sebelum berkunjung, simak beberapa tips wisata ke Jasmine Park berikut ini:

1. Waktu terbaik

Jasmine Park menyediakan aneka makanan mulai dari kudapan hingga santapan berat. Oleh karena itu, pengunjung bisa datang kapan saja mulai pagi hingga malam.

Namun, bagi yang ingin lebih nyaman berfoto-foto di area luar atau lebih leluasa melihat aneka hewan di peternakan, sebaiknya datang sebelum pukul 14.00 WIB agar lebih sejuk

2. Bawa payung atau jas hujan

Cuaca di Cisauk tidak terlalu bisa diprediksi. Cuacanya sering terlihat panas lalu tiba-tiba hujan, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, pengunjung bisa siap sedia payung atau jas hujan jika ingin nyaman berkeliling di luar. 

3. Tidak bawa makan dan minum dari luar

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Salah satunya tidak membawa makanan dan minuman dari luar, termasuk makanan untuk hewan.

Selain itu, pengunjung juga diminta tidak menaiki patung-patung hewan, dan tidak diizinkan merokok di area tertentu yang sudah ada papan peringatannya.

4. Pakai baju tipis atau menyerap keringat

Pengunjung disarankan memakai pakaian yang menyerap keringat atau tipis, terutama jika ingin mengelilingi semua kandang hewan dan kafe yang luasnya 7.000 meter lebih. 

5. Pembayaran tunai atau transfer

Untuk sementara ini, pengunjung hanya bisa bertransaksi di Jasmine Park menggunakan uang tunai (cash) atau transfer melalui mobile banking. Sebab, belum ada bank atau ATM terdekat di lokasi dan pembayaran lewat QRIS masih diurus. 


6. Naik kendaraan pribadi atau KRL

Pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi jika ingin praktis dan lebih cepat. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi dan datang dari luar Tangerang, bisa naik kereta commuter line (KRL). Turun di Stasiun Cicayur, lalu lanjut naik ojek.

7. Tidak pindah tempat duduk

Pengunjung yang memesan makanan diimbau bisa menunggu pesannya terhidang terlebih dahulu, dan tidak berpindah tempat sebelum dihidangkan pelayan. Hal ini untuk menghindari salah antar pesanan karena Jasmine Park cukup luas dan pelayannya masih terbatas. 

Spot foto di Jasmine Park

Selain makan dan melihat hewan-hewan eksotis nan menggemaskan, Jasmine Park memiliki banyak spot foto yang ciamik. 

Spot foto rekomendasinya antara lain adalah di jembatan tengah, di bawah tulisan Jasmine Park, di pinggir danau, di lantai dua, bersama hewan-hewan, dan di beberapa spot foto yang khusus disediakan oleh pengelola Jasmine Park. 

https://travel.kompas.com/read/2023/07/23/111100927/panduan-lengkap-ke-jasmine-park-kafe-peternakan-di-tangerang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke