Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata di Punclut Bandung, Banyak Tempat Nongkrong Instagramable

KOMPAS.com - Kawasan Punclut atau Puncak Ciumbuleuit merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bandung. Ada kafe dan tempat wisata Instagramable di kawasan Punclut, sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Punclut masuk dalam wilayah Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Bandung Barat. Dari pusat Kota Bandung, jaraknya sekitar 9,8 kilometer (km) atau 31 menit berkendara.

  • Tebing Keraton Bandung: Harga Tiket, Jam Buka, dan Aktivitas 
  • Hotel Bintang 5 di Bandung, Dekat Tempat Wisata di Pusat Kota

Lantas, apa saja tempat wisata di Punclut Bandung? Berikut ulasannya seperti dihimpun Kompas.com. 

Dago Bakery adalah restoran dengan konsep Eropa klasik. Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Mengutip laman Dago Bakery, bangunan restoran ini didesain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik bak negeri dongeng. Kastel tersebut didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan. 

Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut. Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung, dua lampu menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura, dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya.

2. Tafso Barn 

Tafso Barn adalah kafe Instagramable di Bandung yang populer di kalangan anak muda. Selain kafe, Tafso Barn bisa menjadi destinasi wisata karena menawarkan pemandangan yang indah serta spot foto Instagramable.

Keunikan kafe ini adalah mengusung konsep rustic dengan tema yang berbeda-beda pada setiap areanya. Salah satu area yang cukup unik adalah tempat makan yang berada di dalam sangkar burung.

Menu yang tersedia cukup beragam dari makanan Nusantara hingga Western Food. Jika ingin berkunjung, lokasinya ada di Jalan Baru Laksana Nomor 75 Desa Pagerwangi, Ciumbuleuit, Lembang, Bandung Barat. 

  • Ke Bandara Internasional Kertajati dari Bandung, Bisa Naik Apa?
  • Meluncur di Flying Fox Sepanjang 720 Meter di Bandung, Tertarik?

3. de BlankON

Restoran ini menyajikan menu-menu khas Nusantara, seperti nasi timel, nasi liwet Sunda, urab Solo, olahan iga, dan sebagainya. Tak hanya makanan, konsep bangunan restoan de BlankON ini juga berciri khas Nusantara, yakni berbentuk joglo.

Sembari menikmati aneka menu makanan, pengunjung bisa menyaksikan perbukitan hijau. Lokasinya de BlankON berada di Jalan Baru Laksana Nomor 75, Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sesuai namanya, Lereng Anteng Panoramic Coffee merupakan kafe dengan sajian unggulan beragam kopi. Pengunjung bisa mencicipi aneka racikan kopi seperti robusta, arabika, liberica, dan lainnya.

Adapula sajian non kopi lainnya yang bisa dinikmati pengunjung. Sembari nongkrong, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Jangan lupa untuk berfoto, karena banyak spot foto Instagramable di sini. Sayangnya, saat artikel ini Lereng Anteng Panoramic Coffee tengah tutup sementara untuk renovasi.

Restoran yang satu ini menyajikan konsep desain ruangan yang unik, sehingga para tamu bisa merasakan pengalaman bersantap yang menyenangkan. Tak hanya itu, setiap sudut di Cakrawala Nature Sparkling Restaurant bisa menjadi spot foto yang Instagramable.

Ada ruangan unik bernama Galaxy, dimana pengunjung bisa menikmati pengalaman bersantap di bawah gugusan bintang yang berganti secara periodik.

Selain itu, Cakrawala Nature Sparkling Restaurant juga menyajikan pemandangan alam yang menawan. Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

  • Cara ke Grey Art Gallery di Bandung, Lebih Praktis Jalan Kaki
  • 10 Tempat Wisata di Bandung Seperti Luar Negeri

6. D’Dieuland 

Selain kafe, kawasan Punclut juga dilengkapi dengan beragam obyek wisata. Salah satunya adalah D’Dieuland yang berlokasi di Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Mengutip Kompas.com (23/4/2022), obyek wisata ini menyajikan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Pada malam hari, pengunjung bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu Kota Bandung.

Jika berkunjung ke D’Dieuland, jangan lupa untuk foto di spot ikonik yakni jembatan warna-warni. Selain itu, tersedia fasilitas outbond untuk anak-anak, seperti flying fox, ayunan, dan lainnya.

Sarae Hills merupakan kawasan wisata yang dilengkapi dengan atraksi wisata, kafe, dan restoran unik. Salah satu wisata keluarga populer di Lembang ini, berada di dataran tinggi sehingga suasananya asri.

Saat berkunjung ke Sarae Hills, wisatawan bisa bermain ke World of Wonders (WOW) yang menawarkan pengalaman keliling dunia dalam sehari. Pengunjung akan menjumpai beragam replika landmark dari negara-negara di dunia saat bermain ke WOW Sarae Hills.

Kawasan wisata Sarae Hills, berada di Jalan Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/25/165000527/7-wisata-di-punclut-bandung-banyak-tempat-nongkrong-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke