Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Paket Wisata Menoreh Cultural Trail Sedang Disiapkan untuk Tarik Wisatawan di Kawasan Borobudur

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) mengandeng Sekolah Vokasi UGM dalam pengembangan inovasi produk wisata inovatif. Khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPOB, Bisma Jatmika mengatakan fokus kerjasama adalah merancang Paket Wisata Menoreh Cultural Trail.

Ini merupakan pengembangan wisata yang dilakukan melalui penguatan story telling di kawasan Borobudur.

Upaya itu penting dilakukan agar bisa terus menarik wisatawan di tengah makin dibatasinya pengunjung di Candi Borobudur untuk konservasi.

"Tujuannya sebagai upaya diversifikasi produk wisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (4/8/2023).

Butuh kerja sama dengan pihak lain

Bisma menilai, dalam pengembangan sektor Pariwisata dan Ekonomi kreatif tidak dapat dilakukan sendiri. 

Dia menekankan pentingnya kolaborasi antarInstansi dan stakeholder terkait guna mewujudkan pengembangan wisata seperti itu.

"Diharapkan dapat menjadi payung hukum untuk memperkuat koordinasi, fasilitasi dan sinkronisasi dalam perencanaan, pengembangan pembangunan," ujarnya.

Selain itu, juga diharapkan dapat menjadi sarana pengelolaan dan pengendalian, serta implementasi program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Khususnya di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur. Lebih lanjut, Bisma mengatakan BPOB memiliki Kawasan otoritatif di Kabupaten Purworejo dan juga Kawasan koordinatif lain. 

Termasuk cakupan 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah, DIY dan Sebagian Jawa Timur.

"Perjanjian kerjasama merupakan salah satu cara kami mendukung target Kemenparekraf untuk mendatangkan 247 juta wisatawan Nusantara di DIY dan Jawa Tengah," tutupnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/05/090900227/paket-wisata-menoreh-cultural-trail-sedang-disiapkan-untuk-tarik-wisatawan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke