Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara ke Museum Sumpah Pemuda Naik TransJakarta dari Arah Monas

KOMPAS.com - Ikrar Sumpah Pemuda pada dasarnya ialah representasi dari keinginan para pelajar pada masa itu untuk dikenal sebagai suatu bangsa.

"Kata kunci dalam Sumpah Pemuda itu sebenarnya (kata) 'Indonesia', mereka (pemuda) tidak ingin dikenal karena etnis, tetapi ingin dikenal karena sebuah bangsa," kata pemandu Museum Sumpah Pemuda, Fathul kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (25/10/2023).

Guna mengenal lebih lanjut seputar Sumpah Pemuda, dan orang-orang yang terlibat dalam pembentukan ikrar, kamu bisa langsung datang ke Museum Sumpah Pemuda. 

Museum Sumpah Pemuda berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 106, RT 2, RW 9, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. 

  • Mengenal Tempat Lahirnya Sumpah Pemuda di Jakarta yang Dulunya Kos-kosan
  • Museum Sumpah Pemuda: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Jika hendak berkunjung, museum buka setiap hari kecuali Senin dan Libur Nasional, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. 

Harga tiket masuk Museum Sumpah Pemuda dibanderol mulai dari Rp 1.000 per orang untuk anak-anak, mulai dari Rp 2.000 untuk dewasa, dan mulai dari Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Lokasi Museum Sumpah Pemuda cukup mudah diakses menggunakan transportasi umum, salah satunya Transjakarta. 

Halte Transjakarta terdekat dari Museum Sumpah Pemuda yaitu Halte Pal Putih, jaraknya sekitar 170 meter dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar lima menit. 

  • Cara ke Museum Sumpah Pemuda Naik KRL dan Transjakarta
  • Tapak Tilas Lokasi Lahirnya Sumpah Pemuda di Jakarta Pusat

Halte Pal Putih melayani bus Transjakarta koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), koridor 5C (PGC-Juanda), koridor 5D (PGC 1-Ancol), dan koridor 7U (Cibubur-Ancol).


Naik Transjakarta ke Museum Sumpah Pemuda dari Monas

Beberapa rute yang malayani penumpang di Halte Monas yakni: Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kali Besar Barat), koridor 1A (Pantai Maju-Balai Kota), koridor 2 (Monas-Pulo Gadung), koridor 3 (Monas-Kalideres), koridor 5C (PGC-Juanda), dan koridor 7F (Kampung Rambutan-Juanda).

Jika naik Transjakarta dari arah Blok M, bisa naik koridor 1 (Blok M-Kali Besar Barat). Berangkat dari Halte Blok M, halte yang akan dilewati yakni Halte: ASEAN, Masjid Agung, Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Polda Metro Jaya, Bendungan Hilir, Karet, Dukuh Atas, Tosari, Bundaram HI Astra, MH Thamrin, Bank Indonesia, dan tiba di Halte Monas. 

Di Halte Monas, bisa transit naik bus Transjakarta koridor 5C (PGC-Juanda), nantinya akan melewati Halte Balai Kota, Kwitang, dan tiba di Halte Pal Putih.

  • Itinerary Seharian Dekat Museum Sumpah Pemuda Jakarta
  • 7 Wisata Dekat Museum Sumpah Pemuda, Banyak Bangunan Bersejarah

Jika naik Transjakarta dari arah Jatinegara, bisa naik di Halte Pasar Jatinegara dan pilih koridor 5D (PGC 1-Ancol).

Dari Pasar Jatinegara, nantinya akan melewati Halte: Matraman Baru, Slamet Riyadi, Tegalan, Matraman 1, Salemba UI, Kramat Sentiong, dan tiba di Halte Pal Putih.

https://travel.kompas.com/read/2023/10/30/090900127/cara-ke-museum-sumpah-pemuda-naik-transjakarta-dari-arah-monas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke