Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Plafon Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor, Ini Penjelasan KCIC

KOMPAS.com - Akhir pekan lalu beredar video yang memperlihatkan plafon Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim, Jakarta Timur, bocor. Plafon tersebut bocor diduga akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur Ibu Kota pada Sabtu (4/11/2023).

Menanggapi hal ini, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan bahwa peristiwa plafon bocor di stasiun tersebut tidak terjadi di Stasiun Kereta Cepat Halim.

  • Kereta Cepat Whoosh Tembus 18.000 Penumpang dalam Sehari, Tertinggi sejak Beroperasi Komersial
  • Kereta Cepat Whoosh Bikin Ramai Beberapa Wisata di Bandung Barat

"Sejumlah gambar yang beredar di media sosial yang menunjukkan kondisi plafon stasiun bagian dalam mengalami kebocoran bukan di lokasi Stasiun Kereta Cepat Halim," kata GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa melalui keterangan resmi, Senin (6/11/2023).

Ia melanjutkan, unggahan lain yang menampilkan adanya limpahan air di sisi tangga juga tidak terjadi di dalam stasiun, melainkan di area luar lobi kedatangan sisi selatan.

Limpahan air tersebut, lanjutnya, berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air karena intensitas hujan yang sangat tinggi.

Meskipun demikian, Eva mengatakan bahwa kondisi tersebut tidak mengganggu pelayanan lantaran ada area lain yang masih dapat dilalui penumpang untuk menuju area lobi kedatangan dan area penjemputan.

"Seluruh alur penumpang tetap berjalan normal tanpa kendala. Operasional Kereta Cepat Whoosh juga tidak terdampak kejadian tersebut," tutur Eva.

Ia menambahkan, pada saat kejadian PT KCIC telah berkoordinasi langsung dengan WIKA selaku kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat untuk segera melakukan investigasi dan perbaikan area yang terdampak demi kenyamanan penumpang.

Pada Minggu (5/11/2023) pagi, Eva menyampaikan bahwa kondisi cuaca cerah dan pelayanan di Stasiun Kereta Cepat Halim berlangsung normal.

Di samping itu, pihak WIKA juga sudah melakukan perbaikan pada saluran air di sisi luar stasiun yang terdampak hujan lebat. Proses perbaikan ini diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.

"KCIC memohon maaf jika ada ketidaknyamanan yang terjadi karena hujan lebat di sekitar area Stasiun Halim," kata Eva.

Eva menyebut, pembangunan atap Stasiun Kereta Cepat Halim dilakukan pada saat musim kemarau sehingga pengujian saluran air belum dapat dilakukan saat debit air tinggi karena tingginya intensitas hujan.

KCIC bersama WIKA juga akan menyisir dan mengidentifikasi titik lainnya di seluruh Stasiun Kereta Cepat guna mengantisipasi kejadian serupa.

"KCIC bersama WIKA telah melakukan komunikasi dan koordinasi, serta bergerak cepat agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang optimal," tutup Eva.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/06/093814727/video-viral-plafon-stasiun-kereta-cepat-halim-bocor-ini-penjelasan-kcic

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke