Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Wisata Sungai di Indonesia, Ada yang Mirip Sungai Amazon

KOMPAS.com - Peran sungai di Indonesia tidak hanya untuk transportasi atau rumah tangga, tapi juga pariwisata. Ada beragam aktivitas wisata sungai yang bisa dilakukan di Tanah Air, salah satunya arung jeram. 

Simak beberapa sungai di Indonesia yang menarik dijadikan lokasi aktivitas wisata. Sungai-sungai tersebut pun memiliki keunikan tersendiri:

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur dikenal sebagai sungai nomor dua terpanjang di Indonesia, panjangnya sekitar 920 kilometer. 

Sungai Mahakam juga menjadi habitat satwa langka yakni lumba-lumba air tawar yang kerap disebut pesut mahakam. 

Jika menyusuri sungai ini, wisatawan bisa melihat satwa lainnya, antara lain raja udang, burung enggang, lutung, bangau, dan berang-berang. 

Berada di Sumatera Utara, Sungai Asahan cocok dikunjungi wisatawan pencinta aktivitas pemacu adrenalin.

Pasalnya, sungai ini dikenal sebagai salah satu lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (16/12/2023).

Terdapat beberapa titik dengan level jeram yang bisa dipilih di sungai ini sehingga wisatawan yang masih pemula masih tetap bisa mencobanya. Sembari mengarungi sungai, wisatawan juga bisa melihat panorama tebing dan air terjun.

Sungai Maron di Pacitan, Jawa Timur, disebut menyuguhkan panorama dan suasana seperti di Sungai Amazon di Amerika Selatan.

Air sungai ini berwarna hijau kebiruan, dengan deretan pepohonan rimbun di kedua sisinya.

Namun, wisatawan yang hendak ke sungai ini dianjurkan untuk berhati-hati lantaran medannya yang cukup curam dan menanjak. 

Jika sudah bosan dengan wisata pantai di Bali, wisatawan bisa menjajal wisata sungai yang mengaliri pulau tersebut. Namanya Sungai Ayung.

Sungai terpanjang di Bali ini berada di Ubud dan menawarkan aktivitas arung jeram. Menurut "Skala Kesulitan Sungai Internasional", sungai sepanjang 10 kilometer ini terdiri dari enam tingkat kesulitan. 

Sungai Cukang Taneuh lebih luas dikenal sebagai Green Canyon. Lokasinya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

Dalam bahasa setempat, "cukang taneuh" berarti "jembatan tanah". Penamaan tersebut bersumber dari adanya jembatan alami yang berasal dari tanah.

Wisatawan bisa naik perahu untuk menjelajahi Sungai Cukang Taneuh. Sepanjang pelayaran, wisatawan bisa melihat gua dengan stalaktit dan stalagmit. 

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Berlokasi di Palembang, Sumatera Utara, sungai ini menawarkan panorama Jembatan Ampera yang berwarna merah.

Saat menjelajahi Sungai Musi, mampirlah ke Pulau Kemaro yang letaknya di tengah sungai. Di pulau ini, wisatawan bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata, antara lain Pagoda, Kelenteng Hok Tjing Rio, dan Pohon Cinta.

https://travel.kompas.com/read/2023/12/16/131354027/6-wisata-sungai-di-indonesia-ada-yang-mirip-sungai-amazon

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke