Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke BXSea, Akuarium Indoor Pertama di Tangerang Selatan

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Wisata akuarium dalam mal yang diklaim sebagai yang pertama di Tangerang Selatan, Oceanarium BXSea atau BXSea, baru saja dibuka untuk umum per Jumat (15/12/2023).

“BXSea menempati dua lantai dengan luas 7.354 meter persegi. Akuarium ini berada di antara BXc (Bintaro Jaya Xchange) Mall 1 dan Mall BXc 2,” kata Manager Unit BXSea Sri Agung Agus Putranto, saat pembukaan di lokasi, Jumat.

Terdapat 140 spesies biota laut dengan 54 display akuarium, terdiri dari 44 akuarium  freshwater dan seawater, serta 10 terarium. 

Pada tahap awal, kata Agung, pihaknya memiliki hingga 17.000 biota laut dan akan dilengkapi menjadi 25.000 biota laut saat grand opening pada Maret 2024 mendatang.

BXSea berlokasi di lantai B1-B2 di Bintaro Jaya Xchange Mall 2 yang berada di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. 

Jika datang dari luar Bintaro, stasiun yang terdekat dengan Mall Bintaro Jaya Xchange adalah Stasiun Jurangmangu. Jarak dari stasiun ke mal tersebut kira-kira 650 meter, dan membutuhkan waktu berjalan kaki sekitar sembilan menit.

Untuk mencapai stasiun ini, para calon pengunjung bisa naik KRL menuju arah Serpong atau Rangkasbitung. Rute KRL ini bisa dinaiki mulai dari Stasiun Tanah Abang.

Dari pintu lobi utama Mall Bintaro Jaya Xchange II, calon pengunjung bisa turun satu lantai menggunakan eskalator agar bisa menuju BXSea.

BXSea buka setiap Senin-Minggu, dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, termasuk hari libur. Adapun jam buka pintu masuk terakhir adalah pukul 20.00 WIB atau dua jam sebelum penutupan.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke BXSea, harga tiket terbagi menjadi tiga kategori yaitu reguler atau individu, grup, dan VIP.

Terdapat dua tipe tiket reguler yaitu Short Journey atau Long Journey. Short Journey mencakup delapan area, sedangkan Long Journey mencakup 20 area. Harga tiketnya untuk perorangan adalah sebagai berikut:

  • Short Journey Weekdays (hari kerja): Rp 85.000
  • Short Journey Weekend (akhir pekan): Rp 95.000
  • Long Journey Weeekdays (hari kerja): Rp 150.000
  • Long Journey Weekend (akhir pekan): Rp 175.000

Mengenai tiket rombongan minimal 20 orang, tarif Long Journey Weekend mulai Rp 145.000, sedangkan Long Journey Weekday mulai Rp 135.000.

Ada pula tiket VIP Weekday seharga mulai Rp 200.000 dan VIP Weekend mulai Rp 225.000. Tiket ini sudah meliputi 20 area dan ditemani pemandu.

Tiket BXSea Bintaro dapat dibeli secara daring melalui laman resminya atau langsung di tempat.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke akuarium BXSea, termasuk menambah wawasan soal biota laut melalui informasi digital di setiap akuarium. 

Selain hewan laut, ada juga area hutan Kalimantan untuk menemukan berbagai satwa darat dan air tawar.

Sembari menambah wawasan, jangan lupa berburu foto di sejumlah spot Instagramable dan mengeksplorasi tempat hiburan yang tersedia, salah satunya area video mapping. 

Selanjutnya, wisatawan bisa menonton pertunjukan bawah laut di amfiteater panel yang diklaim terbesar di Tanah Air. Terdapat pula beragam atraksi dan showcase yang akan disajikan untuk pengunjung. 

Selesai menjelajahi BXSea, mampirlah ke toko suvenir untuk membeli aneka merchandise. Beberapa barang yang bisa dibeli, di antaranya boneka, kaus, gantungan kunci, tas, dan pajangan yang berbentuk biota laut. 

1. Datang saat hari kerja

BXSea berada di dalam mal yang umumnya ramai pengunjung saat akhir pekan. Jika ingin suasana yang lebih sepi, sebaiknya datang saat hari kerja, dari Senin sampai Kamis.

Jika hanya bisa pergi saat akhir pekan, bisa datang dari pagi saat mal baru buka, sekitar pukul 10.00 WIB.

Adapun saat ini biota laut di dalam BXSea belum mencapai 100 persen dan masih ada beberapa akuarium kosong. Jika ingin lebih puas melihat biota, kamu bisa datang sesudah grand opening pada Maret 2024.

2. Beli tiket Long Journey

Jika ingin puas dan memiliki bujet tambahan, tiket Long Journey sangat disarankan karena pengunjung bisa sekaligus melihat aneka satwa darat dan air tawar. Banyak juga spot Instagramable untuk berfoto.

3. Pakai baju polos

Bagi yang ingin berburu foto di dalam akuarium, bisa menggunakan pakaian simpel atau polos berwarna hitam atau putih tanpa banyak corak. Hasil foto akan menjadi lebih bagus dengan outfit polos lantaran latar akuarium dihasi aneka warna.

4. Tidak datang sendirian

BXSea punya banyak spot foto Instagramable. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak datang sendiri karena akan lebih kesulitan jika ingin minta untuk difotokan.

5. Baca informasi 

Untuk melengkapi petualangan, tidak hanya sekadar melihat-lihat atau berfoto, kamu bisa tambah wawasan melalui informasi digital yang ada di sebelah akuarium.

6. Ikuti aturan

Selama berkeliling, perhatikan aturan yang sudah ditulis oleh pihak manajemen, misalnya dilarang mengetuk-ngetuk kaca atau dilarang memegang satwa di area tertentu.

Selain itu, meski diperbolehkan makan dan minum di dalam area akuarium, jangan lupa buang sampah ke tempat yang sudah disediakan.

Spot foto

Selain berkenalan dengan biota laut, pengunjung juga bisa mengabadikan momen mereka di sejumlah spot ciamik.

Beberapa rekomendasi spot fotonya antara lain tulisan BXSea di lobi depan, area terarium, akuarium dua lantai (bisa foto di lantai satu atau dua), area ubur-ubur, dan terowongan ikan. 

https://travel.kompas.com/read/2023/12/20/150300127/panduan-lengkap-ke-bxsea-akuarium-indoor-pertama-di-tangerang-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke