Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata ke Malang Skyland, Cek Waktu Kunjungan Terbaik  

KOMPAS.com - Malang Skyland merupakan obyek wisata baru di Kabupaten Malang yang menawarkan panorama perkotaan dari ketinggian. 

Obyek wisata yang buka pada 21 April 2023 ini, juga dikelilingi sejumlah gunung, seperti Gunung Arjuno, Gunung Panderman, dan Gunung Ukir. 

  • 7 Tempat Wisata di Malang View Gunung buat Libur Tahun Baru  
  • Malang Skyland: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik 

Manajer Malang Skyland, Aditya Pratama mengatakan, konsep wisata Malang Skyland adalah menawarkan sensasi berada di atas awan. Sebab, saat cuaca cerah, wisatawan dapat menyaksikan awan putih tanpa penghalang apapun. 

“Pengunjung bisa melihat keindahan Kota Malang dan Kota Batu dari dataran tinggi serta bisa melihat city light pada malam hari secara 360 derajat,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/12/2023). 

Jika ingin berkunjung, lokasi Malang Skyland berada di Tawangargo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Sebelum berkunjung, simak panduan wisata Malang Skyland berikut ini. 

Selain panorama indah, Malang Skyland juga dilengkapi dengan beragam wahana menarik, spot foto, dan tenant kuliner. Aditya mengatakan, wahana andalan di Malang Skyland adalah Sky Bridge dan Sky Glass. 

Sky Bridge merupakan jembatan sepanjang 160 meter di ketinggian 12 meter. Jadi, wisatawan bisa menyaksikan panorama Malang dan Kota Batu. 

Selanjutnya, wisatawan bisa berfoto di Sky Glass yang unik dan menguji adrenalin. Aditya memastikan Sky Glass di Malang Skyland aman karena menggunakan kaca setebal 24 mm (tempered laminated), sudah diuji kelayakan oleh pihak kontraktor, serta didampingi tim yang selalu berjaga di sekitar area. 

“Kami juga menyediakan alas kaki khusus bagi pengunjung yang sudah membeli tiket Sky Glass,” tuturnya. 

  • Harga Tiket dan Jam Buka Taman Labirin Coban Rondo Malang
  • Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Malang Ditargetkan Capai 80 Persen

Selain Sky Bridge dan Sky Glass, pengunjung bisa menjumpai wahana lain seperti ATV, skuter, Skyland Airport, Virtual Reality (VR), Playground, Sky Net, Sky Building, Rainbow Gate, dan Bottle of Hope. 

Malang Skyland juga dilengkapi dengan beragam kuliner, baik khas Malang maupun camilan kekinian. Aditya menuturkan, pengunjung juga bisa bersantap di Sky Resto sembari menikmati panorama indah. 

Harga tiket Malang Skyland 

Harga tiket Malang Skyland terbagi untuk kategori pengunjung dewasa, anak-anak, dan balita. Berikut rinciannya: 

Namun, harga tiket tersebut belum termasuk tarif wahana. Berikut daftar tarif wahana di Malang Skyland, berdasarkan informasi dari akun Instagram resminya, @malangskyland.  

  • ATV, harga tiket Rp 50.000
  • Skyland Airport, harga tiket Rp 25.000
  • Skuter, harga tiket Rp 25.000
  • VR, harga tiket Rp 35.000
  • Playground, harga tiket Rp 15.000
  • Sky Glass, harga tiket Rp 15.000
  • Bottle of Hope, harga tiket Rp 15.000

Selain itu, Malang Skyland juga menyediakan tiket terusan yang dibanderol tarif Rp 100.000 hingga Rp 155.000. 

  • 10 Tempat Wisata Malang Murah, Cocok buat Liburan Akhir Tahun
  • Wisata Sumber Maron Malang: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik

Jam buka Malang Skyland 

Obyek wisata ini buka setiap hari, Jam buka Malang Skyland mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. 

“Untuk event tahun baru ada jam buka sendiri, tanggal 30-31 Desember 2023, kami buka lebih lama dari pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB. Kalau tanggal 31 Desemberr 2023, buka sampai 00.00 WIB,” katanya. 

Tips berkunjung ke Malang Skyland 

Agar liburan kamu semakin berkesan, simak tips berkunjung ke Malang Skyland berikut ini. 

Aditya menyarankan, waktu berkunjung terbaik adalah saat panorama matahari terbenam (sunset) dan malam hari sehingga wisatawan bisa menyaksikan lampu perkotaan (sky light). 

Jika ingin menyaksikan sunset, wisatawan bisa datang setelah pukul 15.00 WIB.

“Kedua, datang setelah Maghrib di atas pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB karena bisa melihat city light Kota Batu dan Kota Malang dari Sky Bridge maupun Sky Resto kami,” katanya. 

2.Dilarang membawa makanan di area tertentu 

Wisatawan juga dilarang membawa makanan dari luar pada area tertentu. Jika terlanjur membawa makanan, maka bisa dititipkan pada resepsionis. 

“Kalau pengunjung masuk setelah Sky Building atau setelah pintu masuk, tidak boleh membawa makanan, jadi dititipkan dulu,” ujarnya. 

Jika berkunjung ke Malang Skyland, jangan lewatkan untuk berfoto sebanyak mungkin di spot Instagramable. 

Ada banyak spot foto Instagramable di Malang Skyland, seperti Sky Bridge, Sky Glass, Sky Net, Sky Building, dan Rainbow Gate. 

4. Pilih tiket terusan 

Wisatawan sebaiknya membeli tiket terusan yang terdiri dari tiket masuk dan wahana. Adapun tiket terusan dibanderol tarif Rp 100.000 hingga Rp 155.000. 

Rute ke Malang Skyland 

Jika ingin berkunjung, Malang Skyland beralamat di Tawangargo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Wisatawan bisa berangkat dari Kota Batu yang berjarak 10 kilometer (km) atau 23 menit berkendara. 

Dari Kota Batu, wisatawan bisa melalui Jalan Ir. Soekarno atau jalur utama Malang – Batu. Nantinya, wisatawan akan menjumpai pertigaan Pos Polisi Pendem, kemudian belok kiri menuju Jalan Moh. Hatta ke arah Karang Ploso.

Saat tiba di pertigaan Karang Ploso, belok kiri menuju Jalan Diponegoro dan berlanjut di Jalan Karangjuwet. Setelah menjumpai Masjid Agung Al Hidayah, wisatawan akan menjumpai pertigaan, kemudian belok kanan ke Jalan Brak. 

  • Nikmati Sore di Kota Malang Sambil Lihat Kereta Api Lalu-lalang
  • 10 Wisata Gratis di Malang, Pelajar Bisa Berkunjung Saat Libur Sekolah

Sekitar 1 km dari pertigaan tersebut, wisatawan bisa menjumpai Malang Skyland di kiri jalan. 

Aditya menuturkan, wisatawan luar kota bisa lebih dulu mencari rest area Karang Ploso atau Pasar Karang Ploso. Dari sana, wisatawan tinggal lurus saja hingga menjumpai papan petunjuk ke Malang Skyland. 

“Dari arah Malang, dari rest area Krang Ploso, lurus saja sekitar 300 meter-500 meter di kanan jalan ada papan nama Malang Skyland,” terangnya.

Malang Skyland berada dalam satu area dengan kawasan terpadu Samaview Malang.

https://travel.kompas.com/read/2023/12/26/170200027/panduan-wisata-ke-malang-skyland-cek-waktu-kunjungan-terbaik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke