Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bawa Uang Rp 50.000 ke Danau Setu Babakan Bisa Beli Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Danau Setu Babakan ialah obyek wisata yang masih dalam lingkup kawasan Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan. Salah satu pintu masuknya bisa diakses dari gerbang Perkampungan Budaya Betawi.

Selain menawarkan pemandangan danau dan suasana layaknya pedesaan, obyek wisata ini juga memiliki spot belanja. 

"Di sini sudah ramai dari pagi, soalnya banyak yang olahraga, baru siang hari bakal ramai orang-orang berbelanja. Kawasan di sini tidak terbuka untuk pengunjung sampai malam, paling sampai pukul 17.00 WIB (batas waktu kunjungan)," jelas salah satu pedagang makanan khas Betawi, Ida kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (29/12/2023).

Spot belanja, khususnya kuliner, bisa ditemui di sepanjang tepian Danau Setu Babakan. Harga makanan dan minuman yang dijual pun relatif terjangkau.

Jika datang ke Danau Setu Babakan dengan bermodal uang Rp 50.000, berikut beberapa rekomendasi kuliner yang bisa dibeli.

  • Santai di Danau Setu Babakan, Wisata Murah Meriah di Jakarta Selatan
  • Taman Benyamin Sueb, Mengenang Seniman Legendaris Betawi

Bawa Rp 50.000 ke Danau Setu Babakan bisa beli apa?

Berdasarkan pengalaman Kompas.com berkunjung ke lokasi, Jumat (29/12/2023), wisata kuliner seorang diri di Danau Setu Babakan dengan modal uang Rp 50.000 sesungguhnya lebih dari cukup.

Pasalnya, makanan dan minuman yang dijajakan relatif murah, rata-rata harganya mulai dari Rp 5.000.

Sebagai makanan pembuka, kamu bisa jajan batagor, siomai, otak-otak, ataupun kue rangi. Harganya rata-rata dibanderol mulai dari Rp 10.000.

Sekadar saran, sebaiknya jangan terlalu banyak beli jajanan pembuka karena masih banyak makanan berat yang bisa dibeli. Dengan demikian, kamu tidak cepat kenyang dan masih bisa wisata kuliner lagi. 

Ada banyak pilihan makanan yang bisa dicoba sebagai santapan utama. Mulai dari soto betawi, laksa, bakso, soto bogor, ketoprak, hingga nasi goreng.

Harga per porsi makanan utama ini dibanderol mulai dari Rp 15.000, dan porsi makanan yang disajikan pun tergolong banyak.

Kamu juga bisa membeli air putih atau segelas es teh manis untuk pilihan minuman, harganya rata-rata dibanderol mulai dari Rp 5.000.

Di tempat ini, tersedia beragam camilan sebagai hidangan penutup. Kamu bisa membeli jajanan jadul yang rasanya manis, misalnya es potong dengan rasa cokelat, durian, alpukat, stroberi, dan kacang hijau.

Selain itu, ada pula jajanan rambut nenek yang renyah nan manis dan gulali.

Rata-rata jajanan jadul ini harganya mulai dari Rp 5.000 per porsi. Khusus jajanan rambut nenek, harganya Rp 10.000 per kemasan dengan isian sekitar lima porsi.

Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh jajanan khas Betawi. Di antaranya ada dodol, kembang loyang, sarang burung, akar kelapa, geplak, dan bir pletok.

Harga oleh-oleh yang dijajakan berbeda-beda tergantung ukurannya. Misalnya dodol ukuran kecil harganya mulai Rp 10.000, sedangkan dodol ukuran besar harganya mulai Rp 20.000.

https://travel.kompas.com/read/2023/12/29/201300627/bawa-uang-rp-50.000-ke-danau-setu-babakan-bisa-beli-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke