Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tempat Wisata Keluarga di Malang Raya, Wisata Alam hingga Rekreasi

KOMPAS.com - Malang Raya, meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, terus menarik perhatian para wisatawan dengan beragam destinasi menarik untuk dinikmati bersama keluarga. 

Dari keindahan alam hingga wahana edukatif, Malang Raya menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi setiap anggota keluarga.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi wisata keluarga di Malang Raya bisa kamu datangi saat sedang berkumpul bersama keluarga.

1. Kampung Warna-warni Jodipan

Kota Malang memiliki tiga kampung tematik yang terletak di area yang sama. Salah satunya adalah Kampung Warna-warni Jodipan, di mana seluruh bagian dari kawasan ini diubah menjadi penuh warna.

Mulai dari rumah hingga jalan-jalannya, semuanya dilengkapi dengan dekorasi berwarna-warni yang menarik. Pengunjung dapat menikmati momen berswafoto di setiap sudut destinasi ini, dan bahkan dapat melintasi jembatan kaca yang menarik. 

Tiket masuk Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) hanya sekitar Rp 3.000 untuk satu hari penuh (dapat masuk dan keluar tanpa membayar lagi), dan biaya parkir motor sekitar Rp 5.000. 

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00. KWJ terletak di Kelurahan Jodipan, sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Kota Malang.

2. Jatim Park 1

Obyek pariwisata Jawa Timur Park (Jatim Park) 1 merupakan wisata populer di Kota Batu yang banyak disukai wisatawan. 

Jatim Park 1 menawarkan konsep taman hiburan yang menyediakan beragam wahana permainan dan hiburan.

Selain itu, Jatim Park 1 juga memiliki fasilitas wisata edukasi seperti taman fisika, taman sejarah, galeri etnik, dan lainnya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Dengan luas lahan mencapai 22 hektar, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana di Jatim Park 1 seperti Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Gold Mining Coaster, Flying Tornado, dan lainnya. 

Lokasinya yang berada di Jalan Kartika dua Kota Wisata Batu, Kota Batu, Malang dapat dicapai dalam waktu 10 menit dari pusat Kota Batu. Harga tiket masuk Jatim Park 1 dimulai dari Rp 100.000 pada hari kerja (weekday), dan Rp 120.000 pada akhir pekan (weekend).

3. Kampung Biru Arema

Kota Malang kini memiliki daya tarik wisata baru yang menarik perhatian para pengunjung, yaitu Kampung Biru Arema. 

Terletak di seberang Kampung Warna-warni Jodipan, Kota Malang, tempat wisata keluarga ini menawarkan pengalaman yang unik dengan tiket masuk seharga Rp 3.000-an dan parkir motor Rp 2.000-an. 

Selain keindahan kampung yang diselimuti warna biru, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah Arema FC, klub sepak bola Kabupaten Malang, melalui display berisi tulisan dan logo Arema FC.


4. Jatim Park 2

Jawa Timur Park (Jatim Park) 2 merupakan bagian dari PT Jawa Timur Park Group bersama dengan Jatim Park 1 dan Jatim Park 3. 

Berbeda dengan Jatim Park 1 dan 3, Jatim Park 2 lebih menekankan pada tema edukasi. Obyek wisata ini terdiri dari tiga wisata utama, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Batu Secret Zoo adalah sebuah kebun binatang yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. 

Pengunjung tidak hanya dapat melihat beragam koleksi binatang, tetapi juga dapat menikmati berbagai wahana lainnya yang disediakan. 

Dengan konsep edukasi yang diusung, Jatim Park 2 menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menggabungkan hiburan dan pengetahuan dalam satu tempat yang menarik.

5. Kampung Tridi

Masih ada satu lagi desa tematik yang disebut Kampung 3 Dimensi (3D) atau dikenal juga sebagai Kampung Tridi. Di sini, pengunjung akan menemukan mural-mural 3 dimensi yang menghiasi dinding dan jalanannya. 

Ada berbagai gambar mulai dari sayap, gelas yang terbalik, hingga aliran sungai. Untuk masuk ke Kampung Tridi Malang, pengunjung perlu membayar tiket sekitar Rp 3.000 per orang.

6. Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. 

Pengunjung dapat masuk ke area ini tanpa dikenakan biaya. Di sini, mereka dapat bersantai di berbagai tempat duduk yang tersebar di sekitar alun-alun. 

Terdapat juga area bermain anak-anak dan air mancur untuk hiburan tambahan. Pengunjung juga dapat menikmati makanan dari penjual street food yang beragam, seperti cilok, bakso, soto, dan es degan.

Di sekitar Alun-alun Kota Malang, terdapat berbagai tempat wisata menarik, seperti Masjid Jami GPIB Immanuel, Toko Oen, dan Pasar Besar.


7. Museum Angkut

Museum Angkut merupakan opsi wisata edukatif yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Di museum seluas hampir 4 hektar ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam mobil klasik yang dipamerkan. 

Selain itu, museum ini juga menampilkan koleksi mobil bersejarah, termasuk kendaraan yang pernah digunakan oleh Presiden Pertama RI, Soekarno. Ada pula Presidential Helicopter yang merupakan helikopter kepresidenan yang dipajang di sini.

Selain koleksi mobil yang menarik, Museum Angkut dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengunjung keluarga. 

Mulai dari Pasar Apung Nusantara, Buckingham Palace, Gangster Town, F1 Simulator, China Town, hingga Flight Simulator. 

Harga tiket masuk Museum Angkut adalah Rp 110.000 per orang baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Museum ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kota Batu.

8. Taman Trunojoyo

Di Kota Malang, terdapat sebuah tempat wisata keluarga yang gratis bernama Taman Trunojoyo. Destinasi ini terletak di seberang Stasiun Kota Malang, yang mudah dikenali dengan adanya patung singa.

Taman Trunojoyo menyediakan wahana bermain anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan air mancur. 

Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas seperti tempat duduk di bawah pohon rindang dan kamar mandi. Di sekitar area ini, terdapat beberapa penjual kuliner street food untuk memenuhi kebutuhan makanan pengunjung.

9. Kusuma Agrowisata

Tidak akan lengkap pengalaman di Malang tanpa mencoba apel segar langsung dari perkebunan. Bagi mereka yang menginginkan pengalaman memetik apel sambil berwisata bersama keluarga, Kusuma Agro Wisata bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Tempat ini menawarkan pengalaman wisata alam dan edukasi yang menarik. Pengunjung diberi kesempatan untuk memetik apel langsung dari kebunnya.

Selain apel, pengunjung juga dapat memetik buah-buahan lain seperti stroberi, jambu, dan jeruk. Kusuma Agro Wisata juga dilengkapi dengan waterpark dan area khusus untuk berfoto yang disebut De Tjangkul.

Harga tiket masuk berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 80.000 per orang. Lokasi kebun wisata ini terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu.

https://travel.kompas.com/read/2024/06/11/101000227/9-tempat-wisata-keluarga-di-malang-raya-wisata-alam-hingga-rekreasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke