Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Belanja Murah di Bandung, dari Pakaian hingga Makanan

BANDUNG, KOMPAS.com - Ada banyak pilihan tempat belanja murah yang bisa kamu kunjungi di Bandung, Jawa Barat. Komoditas yang dijual beragam, dari pakaian, barang antik, hingga makanan tradisional.

Pasar tradisional di Bandung saat ini juga menjadi tempat hits, khususnya di kalangan anak muda.

Simak beberapa rekomendasi tempat belanja murah di Bandung yang bisa menjadi tujuan beli oleh-oleh di Bandung. 

Pasar Antik Cikapundung merupakan tempat yang menyediakan berbagai macam barang antik dan barang bekas dari berbagai era. 

Mulai dari kaset, piringan hitam, kamera analog, kamera digital, mainan, set alat makan, patung, dan masih banyak lagi. 

Koleksi yang dimiliki oleh pasar ini sangat beragam dari bentuk, fungsi, sampai harganya.

Tidak heran jika pengunjung dari berbagai kalangan usia, baik orang tua maupun anak muda, sering mengunjungi tempat ini untuk mencari barang-barang yang diinginkan atau sekadar berkeliling.

Jam operasional Pasar Antik Cikapundung dimulai dari pukul 12.00 WIB hingga 21.00 WIB. Namun, beberapa toko di pasar ini sudah buka mulai pukul 09.00 WIB. 

2. Pasar Baru Trade Center Bandung

Pasar Baru Trade Center Bandung merupakan pusat perbelanjaan lengkap yang menawarkan berbagai pilihan pakaian muslim, anak, dewasa, serta aksesoris. 

Pasar ini terletak di Jalan Cibadak, Bandung, dan dikenal dengan harga yang relatif murah, terutama jika pengunjung membeli grosir. 

Tidak hanya itu, Pasar Baru Trade Center juga menjadi tujuan para pengunjung luar negeri, seperti dari Malaysia atau Filipina, yang mencari busana Muslim dalam partai besar maupun kecil. 

Dengan reputasi yang dimilikinya, pasar ini menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dan menarik bagi para pengunjungnya. 

Cibaduyut, salah satu tempat fesyen terkenal di Bandung, menjadi tujuan favorit bagi para pemburu sepatu lokal berkualitas tinggi.

Bahkan, Presiden RI Joko Widodo pun pernah melakukan kunjungan dan berbelanja di sini.

Kawasan Cibaduyut dikenal karena banyaknya perajin kulit yang menjual produk kreatif dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk di pusat perbelanjaan.

Tersedia beragam produk kulit seperti sepatu dan tas dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Jika tidak menemukan ukuran atau model yang sesuai, pengunjung dapat meminta pembuatan sepatu atau tas kulit sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. 

Keunggulan lainnya adalah pengunjung juga dapat memesan produk secara online dan mengirimkannya ke alamat tujuan.

Dengan berbagai pilihan produk berkualitas tinggi dan pelayanan yang ramah, Cibaduyut terus menjadi destinasi favorit bagi para pencinta fesyen. 

Bagi para pencinta thrifting atau mencari oakaian bekas layak pakai, Pasar Cimol Gedebage menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Bandung. 

Selain menyediakan beragam pakaian dan aksesori, pasar ini juga menawarkan aneka bahan makanan seperti sayur dan buah layaknya pasar pada umumnya. 

Harga pakaian dan aksesori yang ditawarkan di pasar ini pun bervariasi, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 300.000.

Pasar Cimol Gedebage buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun, pada akhir pekan, jam operasional pasar ini bisa dimulai lebih awal. 

Pasar ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Mekar Mulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat. 


5. Gang Tamim

Butuh celana jeans? Coba ke Gang Tamim yang terkenal sebagai sentra jeans berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Jalan ini telah dikenal sebagai pusat denim Bandung sejak tahun 1990-an, menyediakan berbagai jenis celana jeans mulai dari harga Rp 100.000 saja.

Tidak hanya itu, Gang Tamim juga menawarkan pakaian batik dan kain.

Pengunjung dapat memilih kain sendiri dan memesan jeans yang dibuat khusus dalam waktu 3-7 hari. Tempat ini layak untuk dikunjungi pencinta fesyen berada di Bandung.

Gang Tamim berlokasi di jalan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebagian besar toko di sini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. 

Cihampelas, yang dikenal sebagai sentra jeans sejak lama, kini juga menjadi tempat belanja oleh-oleh dan jajanan khas dari Bandung. 

Cihampelas terkenal dengan toko jean yang di depannya terdapat penjahit yang melayani pengecilan atau pemotongan jeans langsung.

Namun sekarang, pengunjung juga bisa berburu oleh-oleh dan jajanan khas Bandung untuk jadi oleh-oleh, contohnya bolen, brownies, dan aneka camilan gurih.

Setiap hari Jumat, di sekitar Masjid Pusdai Bandung yang terletak di Jalan Dipenogoro, terdapat kegiatan pasar kaget yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. 

Pasar kaget ini dikenal akan penawaran pakaian bermerek dengan harga yang terjangkau, baik untuk barang baru maupun bekas. 

Antusiasme masyarakat terhadap pasar ini tidak hanya terlihat setelah pelaksanaan salat Jumat, namun juga sejak pagi hari sekitar pukul 09.00.

Banyak pengunjung yang memadati pasar ini untuk mencari pakaian dengan harga yang lebih terjangkau.

Pasar kaget di sekitar Masjid Pusdai Bandung ini telah menjadi tradisi yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat. 

Selain menjadi ajang untuk berbelanja pakaian dengan harga yang terjangkau, pasar ini juga menciptakan suasana ramai dan bersemangat di sekitar masjid.

Pada setiap Minggu, lapangan Gasibu menjadi tempat diadakannya pasar kaget yang menarik minat banyak pengunjung. 

Pasar ini menawarkan berbagai macam barang yang dapat dibeli oleh pengunjung yang juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berolahraga atau berkumpul bersama keluarga. 

Mulai dari jajanan tradisional, makanan mengenyangkan, perabotan, hingga bumbu masak dapur, semua tersedia di pasar ini.

Selain sebagai tempat berbelanja, lapangan Gasibu juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati wisata bersejarah ke Gedung Sate dan museum Geologi yang terletak tidak jauh dari lokasi pasar. 

https://travel.kompas.com/read/2024/06/22/070700127/8-tempat-belanja-murah-di-bandung-dari-pakaian-hingga-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke