Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Tiket ke Himeji Castle di Jepang Direncanakan Naik

KOMPAS.com - Tiket masuk ke Himeji Castle atau Kastel Himeji di Kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang, direncanakan naik sekitar empat kali lipat untuk wisatawan asing.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Hideyasu Kiyomoto mengatakan dalam sebuah konvensi internasional di kota tersebut, Minggu (16/6/2024).

"Saya tengah mempertimbangkan untuk menaikkan harga (tiket masuk Kastel Himeji). Saya ingin warga negara asing membayar 30 dollar (Amerika Serikat, sekitar Rp 491.836) dan penduduk Himeji membayar sekitar lima dollar (Amerika Serikat, sekitar Rp 81.972)," jelas Kiyomoto, dilansir dari The Japan News, Senin (24/6/2024).

Biaya tersebut, lanjut dia, akan digunakan untuk mengelola overtourism (fenomena jumlah kunjungan wisatawan melebihi kapasitas), sekaligus memperbaiki kastel yang masuk Situs Warisan Dunia UNESCO ini.

Adapun saat ini harga tiket masuk ke Kastel Himeji untuk pengunjung berusia 18 tahun ke atas sekitar 1.000 yen atau 7 dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 114.761).

Sebagai informasi, Jepang kembali membuka perbatasan untuk pelaku perjalanan asing setelah sempat menutupnya selama sekitar 2,5 tahun akibat pandemi Covid-19.

Sektor pariwisata Negeri Sakura pun berkembang pesat. Bahkan, jumlah kunjungan pelaku perjalanan asing tahun 2023 lalu mencapai 25 juta kunjungan, mencapai sekitar 80 persen dari total jumlah kunjungan tahun 2019 atau sebelum pandemi.

Akan tetapi, dikutip dari Soranews24.com, nilai tukar yen pun melemah sehingga memperlebar kesenjangan pengeluaran antara penduduk lokal dengan wisatawan asing. 

Dengan meningkatnya biaya hidup dan upah yang stagnan, banyak penduduk lokal yang berjuang untuk bertahan hidup.

Sementara itu, para pelaku perjalanan asing bisa membeli produk barang dan jasa di Negeri Sakura dengan harga yang relatif terjangkau.

Akibatnya, beberapa pelaku usaha pun menaikkan harga tiket. Hal ini termasuk tempat wisata populer. 

Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993, Kastel Himeji termasuk Harta Karun Nasional Jepang, dengan bagian-bagiannya berasal dari tahun 1400-an. 

Kastel Himeji adalah salah satu dari tiga kastel utama di Negeri Sakura, di samping Kastel Matsumoto dan Kastel Kumamoto.

Terdiri dari lebih dari 80 bangunan, Kastel Himeji memerlukan biaya perawatan yang cukup.

Pada tahun 2023, kastel ini dikunjungi sekitar 1,48 juta pengunjung, yang mana sekitar 30 persennya adalah wisatawan asing.

https://travel.kompas.com/read/2024/06/24/195346027/harga-tiket-ke-himeji-castle-di-jepang-direncanakan-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke