Pengembangan Umbul Sidomukti Terganjal Pasokan Listrik

Kompas.com - 22/11/2009, 18:25 WIB
Editormsh

 

SEMARANG, KOMPAS.com- Pengembangan obyek wisata alam Umbul Sidomukti di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, terganjal pasokan listrik. Pengelola obyek wisata sudah membangun jaringan instalasi listrik dengan biaya sendiri, sekaligus membayar biaya sekitar Rp 130 juta, tetapi belum juga ada aliran listrik.

Padahal, sejak awal November, 10 cottage berkapasitas 40 orang sudah mulai difungsikan berikut penggunaan satu ruang pertemuan. Pengelola akhirnya menggunakan genset sebagai sumber energi, tetapi pengguna diberi batasan jam malam dan setelahnya seluruh aliran listrik padam.

Kondisi ini menyebabkan penerangan di sekitar lokasi juga menjadi minim. Padahal, pemandangan dari lokasi yang berada di lereng Gunung Ungaran itu kala malam sangat indah dengan menyajikan hamparan kerlip lampu penerangan dari kejauhan. Selain itu, pengelola terpaksa menunda rencana pengembangan pengoperasian Umbul Sidomukti pada malam hari.

"Kami sudah selesai membangun jaringan listrik sejak September dan sudah membayar biaya pemasangan baru sekitar Rp 130 juta. Dijanjikan dalam waktu singkat bisa disalurkan. Namun, hingga saat ini belum juga dialirkan, kata Direktur PT Panorama Agro Sidomukti Bambang Ari Wijanarko," Minggu (22/11).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X