Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Tutul Dekati Perahu Wisata di Pantai Bentar

Kompas.com - 12/04/2010, 16:26 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Para penumpang kapal motor di obyek wisata Pantai Bentar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur belakangan ini dikagetkan munculnya ikan sangat besar. Ikan jenis hitu tutul itu beberapa hari terakhir memang sering muncul di perairan Bentar.

Kemunculan hiu tutul paling menegangkan terjadi Minggu (11/4/2010) kemarin. Jarak antara hewan bernama latin Rhincodon typus dengan para penumpang kapal motor sekitar satu meter. Setiap kapal motor dinaiki sekitar 20 orang. Mereka dari anak-anak sampai usia dewasa.

Kebetulan, Minggu itu ada pengunjung istimewa, rombongan Wakil Bupati Probolinggo Salim Qurays dan anggota DPRD Jatim Habib Mahdi bersama keluarganya. Mereka ingin melihat ikan besar tersebut.

Kedatangan hiu tutul di Pantai Bentar ini di luar siklus lazimnya. Biasanya, mereka berada di perairan Pantai Bentar sekitar bulan Januari sampai akhir Februari. Namun, beberapa hari terakhir mereka kembali datang.

“Kalau di Australia, untuk melihat hiu harus menggunakan alat canggih seperti GPS dan memerlukan ongkos mahal. Alhamdulillah, di sini hiu datang sendiri,” ujar kepala Bidang  Kepariwisataan Dinas Pariwisata Herli Suefrianto.

Nelayan sekitar meyakini hiu tersebut betah di perairan Pantai Bentar, lantaran sekitar tahun 1963 lalu, ada jenis hiu tutul serupa yang mati, lalu dikubur dan dikafani di Pantai Bentar. “Itu keyakinan spiritual saja. Makanya, nelayan tidak takut. Bahkan, itu dijadikan tontonan kepada pengunjung,” ujar Budi, salah satu nelayan. (tiq)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com