Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malioboro Akan Disemprot Tiap Hari

Kompas.com - 04/08/2010, 20:20 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan jantung niaga dan wisata Yogyakarta, Jalan Malioboro, akan mendapat penyemprotan rutin setiap hari. Hal ini sebagai solusi mengatasi persoalan aroma pesing yang selama ini dikeluhkan warga dan wisatawan.

Kepala UPT Malioboro Purwanto mengatakan, penyemprotan akan mulai dilakukan pada 6 Agustus nanti yang pekerjaannya diserahkan kepada kontraktor swasta. Penyemprotan dilakukan setiap pagi sebelum Malioboro memulai aktivitas, sekitar pukul 5.00-7.00.

Daerah yang menjadi sasaran penyemprotan membentang dari lintasan pintu lintasan Kereta Api Jl Pasar Kembang di utara Malioboro hingga kawasan Titik Nol Kilometer di selatan sepanjang sekitar 1,3 Kilometer.

Selain disemprot, petugas juga akan menyikat, memberi pengharum, dan cairan pembunuh kuman di titik-titik kepesingan, seperti trotoar, jalan, dan tembok bangunan. Sumber kepesingan berasal dari kencing kuda andong dan manusia yang kerap buang air kecil sembarangan.

"Penyemprotan ini juga menjadi salah satu persiapan Malioboro menjelang libur Lebaran dan tahun baru nanti," ujar Purwanto, Rabu (4/8/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com