Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Morotai 2012 Tetap Digelar

Kompas.com - 01/12/2011, 20:56 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Dirjen Pemberdayaan Sumber Daya Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Hasrin Abdurrahman, mengatakan, Sail Morotai tetap akan digelar di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara pada 2012 sesuai dengan rencana semula.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan bahwa Sail Morotai digelar di Kabupaten Pulau Morotai tahun 2012," katanya di Ternate, Kamis (1/12/2011) menanggapi adanya keraguan sejumlah kalangan bahwa Sail Morotai batal digelar pada 2012.

Hasrin yang berada di Ternate dalam rangka menghadiri seminar persiapan penyelenggaraan Sail Morotai, mengatakan, Kepres mengenai penyelenggaraan Sail Morotai sudah berada di Sekertaris Kabinet dan diharapkan dalam waktu dekat Kepres itu ditandatangani Presiden Yudhoyono.

Karena itu, Hasrin mengimbau kepada pemda di Malut di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk terus melakukan berbagai persiapan terkait penyelenggaraan kegiatan bertaraf internasional tersebut.

Dirjen mengatakan, Kabupaten Pulau Morotai dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Sail Morotai 2012 karena daerah itu memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, terutama di sektor kelautan dan pariwisata.

"Selain itu, letak Kabupaten Pulau Morotai sangat strategis yakni dekat dengan negara-negara Asia Pasifik dan dilalui jalur pelayaran internasional, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modal di sana," ujarnya.

Hasrin menambahkan penyelenggaraan Sail Morotai merupakan program bersama antara pemerintah pusat dan pemda di Malut. Untuk itu pemerintah pusat akan berperan aktif untuk menyukseskan kegiatan itu, termasuk dalam soal penyediaan anggaran untuk pembangunan infrastruktur.

Sementara itu, Wakil Bupati Pulau Morotai, Weni P mengatakan, Pemkab Pulau Morotai kini terus melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail Morota pada 2012, seperti membenahi berbagai infrasturktur di Daruba yang akan menjadi lokasi penyelenggaraaan kegiatan itu.

"Memang pembenahan infrastruktur di sana belum rampung semuanya, karena terkait dengan terbatasnya anggaran, tapi akan diupayakan semua infrastruktur telah rampung sebelum penyelenggaraan Sail Morotai," katanya.

Salah satu infrastruktur yang belum rampung tersebut, kata Weni, adalah telekomunikasi. Namun Telkomsel telah menyatakan kesanggupannya bahwa jaringan Telkomsel di daerah bekas pangkalan Sekutu pada Perang Dunia II itu akan rampung sebelum penyelenggaraan Sail Morotai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com