Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentine, Kasih Sayang Bagi Orangutan

Kompas.com - 14/02/2012, 14:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Valentine yang diperingati setiap 14 Februari atau yang jatuh hari ini biasa digunakan manusia sebagai momen untuk berbagi kasih sayang. Namun, mendekati momen Valentine tahun ini, orangutan yang berbagi 97 persen materi genetik dengan manusia justru tersiksa. Padahal primata-primata inilah yang justru butuh kasih sayang.

"Tanggal 7 Februari lalu, kita menemukan 3 ekor bayi orangutan yang kondisinya sangat mengenaskan. Mereka berumur 1,5 - 3 tahun. Sudah terbukti ada penganiayaan tapi untung saja mereka tidak mati," kata Daniek Hendarto dari Center dor Orangutan Protection (COP).

Dihubungi Selasa (14/2/2012), Daniek mengungkapkan bahwa salah satu dari orangutan tersebut mengalami luka serius. "Ada luka di telapak tangan yang menganga, bukti kalau itu tertebas pedang. Salah satu mata orangutan bahkan terancam buta karena tersiram cairan panas."

Orangutan tersebut ditemukan di salah satu hutan di kawasan Kalimantan Timur. Saat ini, tim COP tengah menelusuri asal muasal 3 ekor orangutan yang ditemukan seminggu lalu tersebut untuk ditindaklanjuti.

Masih berlanjutnya kasus penganiayaan terhadap orangutan, membuat COP mengadakan aksi di Yogyakarta. Tim COP yang terlibat mengenakan kostum orangutan, membentangkan spanduk bertuliskan "Love for Else Species" dan membagikan pisang.

"Kami mengajak masyarakat untuk memahami bahwa cinta bukan hanya terbatas pada spesies manusia saja, tetapi juga bagi spesies lain seperti orangutan. Orangutan saat ini masih terancam oleh pembabatan hutan untuk kelapa sawit," kata Daniek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com