Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyasar Turis Indonesia lewat Hobi

Kompas.com - 17/07/2012, 16:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berenang di pantai atau jalan-jalan di pegunungan terdengar sebagai paket wisata yang umum. Tetapi bagaimana kalau melihat pembuatan tahu di tengah pegunungan? Hal ini yang berusaha ditawarkan Flamingo.co.id, sebuah situs agen travel online. "Kami punya paket wisata Desa Cibugel, bisa melihat pembuatan tahu sumedang," kata CEO Flamingo Travel, Sumartok, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Menurutnya, Flamingo.co.id menawarkan paket wisata sesuai minat dan hobi melalui fitur filter by interest. Misalnya, paket wisata fotografi, birdwatching, snorkeling, dan sebagainya.

Sumartok menuturkan situs tersebut menyasar wisatawan nusantara. Sebab, menurut data BPS, wisatawan nusantara (wisnus) terjadi peningkatan. Di tahun 2011 sendiri, tercatat 123 juta wisnus. Sementara itu, menurut Sumartok, pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta orang. Sebanyak 62 persen di antaranya menggunakan internet untuk mengakses hiburan dan mencari informasi yang berkaitan dengan hobinya, termasuk berwisata.

"Di Indonesia terdapat 30 ribu agen wisata. Namun, dari sekian ribu, hanya sedikit yang bergerak di layanan online travel," kata Sumartok.

Oleh karena itu, ia memilih penjualan paket wisata melalui situs internet. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan pemandu wisata lokal di setiap destinasi. "Karena penduduk lokal adalah penunjuk jalan terbaik," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com