Kompas.com - 31/07/2012, 07:04 WIB
EditorHindra

KUTA, KOMPAS.com - Pulau Bali menjadi pilihan berwisata bagi turis domestik pada liburan Lebaran, Agustus mendatang. Rata-rata hotel berbintang mencatat menerima pemesanan kamar mendekati 90 persen sekitar tanggal 16 Agustus hingga 23 Agustus.

Hotel-hotel yang diminati terutama mulai dari hotel bintang tiga ke atas yang berlokasi di sekitar Pantai Kuta dan Nusa Dua, Kabupaten Badung. Selain itu, Garuda Indonesia juga menambah penerbangannya dari Denpasar ke Jakarta, begitu sebaliknya, menjadi dua kali lipat dari 13 penerbangan setiap harinya dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

”Sampai saat ini kami terus menerima pemesanan kamar hotel, terutama untuk wisatawan domestik. Mereka yang memesan rata-rata keluarga. Sepertinya mereka memang berlibur di Bali karena pemesanan kamar lebih dari tiga hari,” kata Bianca Rosetta, Asisten Manajer Marketing Grand Istana Rama, di Kuta, Senin (30/7/2012).

Ia menambahkan, pemesanan kamar pun sudah mulai penuh meski libur Lebaran masih beberapa minggu lagi. Hal senada juga dikatakan Public Relations Assistant Manager Grand Hyatt Bali Melanie Kristanto.

Melanie mengatakan, hotel bintang limanya di kawasan Nusa Dua ini juga kebanjiran pesanan kamar untuk liburan keluarga. Bahkan, hotel yang biasanya sebagian besar tamunya berasal dari Jepang, pada liburan Lebaran kali ini banyak datang calon wisatawan domestik seperti dari Jakarta.

Tambah penerbangan

Pada angkutan Lebaran mendatang, Garuda Indonesia wilayah Denpasar menjadwalkan penambahan penerbangan dua kali lipat dari 13 keberangkatan-kedatangan menjadi 26 penerbangan. Alasannya, permintaan untuk datang dan pergi (Denpasar-Jakarta) tinggi. Sementara penerbangan Denpasar-Yogyakarta tetap tiga kali penerbangan.

Sales Manager Garuda Indonesia wilayah Denpasar Dewa Suastika mengatakan, penambahan penerbangan ini tidak akan mengganggu penerbangan Garuda Indonesia di daerah lain. Namun, ia mengimbau para calon penumpang bisa disiplin dengan waktu, terutama pada H-7 hingga H+7, agar tidak tertinggal jadwal penerbangan. Ini disebabkan Bandara Internasional Ngurah Rai tengah dalam perluasan dan pembangunan. (AYS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.