Kompas.com - 10/11/2012, 09:01 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com – Saat memasuki Pasar Ubud, sebuah adegan dari film Hollywood berjudul “Eat, Pray, Love” terlintas. Sebuah adegan etika Elizabeth Gilbert yang diperankan Julia Roberts diajak berkeliling ke Pasar Ubud.

Ia melintasi pedagang buah. Lalu mencicipi buah rambutan yang begitu asing bagi orang-orang asing terutama dari luar Asia. Kemudian ia pun mampir ke Pura Melanting yang berada di dalam area Pasar Ubud.

Sajen warna-warni diletakan dan asap dupa yang wangi melayang. Elizabeth pun tampak terpesona dengan ritual doa di dalam pura yang ia tengah lihat. Sebuah ritual sederhana dan telah menjadi dan menjadi kebiasaan orang Bali dalam memulai hari.

Pagi itu, saya menjumpai hal yang sama di Pura Melanting. Tentu tanpa kehadiran Julia Roberts. Namun, para turis tampak menghentikan langkah sesaat untuk melihat aktivitas di dalam Pura Melanting. Hanya sebuah tembok pendek yang menjadi pembatas.

Pengunjung memang biasanya melewati Pura Melanting saat berjalan dari area parkir menuju para pedagang di Pasar Ubud. Pasar Ubud yang terletak di jantung kota Ubud, benar-benar ibarat pusat kehidupan masyarakat Ubud di pagi hari.

Sebagai pasar seni, turis biasa memburu aneka suvenir yang cocok sebagai cenderamata khas Bali. Ada apa saja? Anda bisa membeli tas anyaman, tas kain, aneka perhiasan seperti gelang dan cincin, kaus-kaus bertuliskan Bali, topi anyaman, sampai celana-celana pantai.

Jangan lewatkan membeli aneka lukisan Bali. Lalu set perlengkapan makan maupun perlengkapan untuk dapur yang terbuat dari kayu. Jika berbicara soal harga, maka di sinilah keahlian Anda menawar diuji.

Selain itu, nikmati pula aneka jajanan pasar yang dijual di pasar. Cocok sebagai sarapan di pagi hari. Memang, sebaiknya datang di pagi hari, saat pasar belum terlalu ramai pengunjung. Selain itu, pedagang juga lebih bermurah hati memberikan harga saat pagi.

Kiat lainnya adalah agar Anda tak kalap berbelanja adalah pastikan Anda menentukan jumlah uang yang akan Anda habiskan. Bawalah uang tunai sejumlah bujet yang Anda tentukan itu.

Pasar Seni Ubud berada di pusat kota Ubud, tepat di persimpangan antara Jalan Monkey Forest dan Jalan Raya Ubud. Sangat dekat dengan pusat informasi wisata Ubud dan berada di seberang Puri Agung Saren.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.