Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empuknya Semur Perancis

Kompas.com - 08/02/2013, 08:50 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perancis, tak hanya negara dan orang-orangnya yang menarik, namun juga kulinernya. Masakan Perancis kian diminati karena cita rasa sendiri yang dibuat. Rahasianya, menurut Rudi Nugroho, Chef de Cuisine Oh La La Mansion, kebanyakan masakan Perancis menggunakan campuran wine untuk menambah cita rasa.

Oh La La Mansion, memenuhi rasa penasaran  bagi Anda yang ingin mencicipi hidangan Perancis. Cafe yang berlokasi di Bellagio Boutique Mall Mega Kuningan, Jakarta ini, mengedepankan keotentikan makanan Perancis. Mulai dari cara memasak serta bumbu-bumbu yang digunakan.

Mulai dari Beouf Bourguignon, yaitu semur Perancis. Daging yang digunakan ialah daging sapi tenderloin yang dimasak perlahan dengan aneka rempah. Rasa daging empuk dengan rasa rempah yang kuat.

Menurut Chef Roni, lamanya memasak daging tergantung tingkat kematangan, paling tidak menghabiskan waktu hingga dua jam. Menyantap Beouf Bourguignon didampingi dengan mashed potatoes, sejenis mayonaise yang terbuat dari olahan kentang.

Ada pula Grilled Atlantic Salmon dengan Beurreblanc. Beurreblanc ialah saus mentega putih yang disajikan berdampingan dengan ikan salmon.

Jenis daging lain yang Foie Gras. Foie Gras yaitu hati angsa. Foie Gras dipadukan dengan pasta. Hati angsa sangat lembut, namun agak berbau khas, karena, kata Janeiry Louisa, Presdir PT Oh La La Internasional, untuk mendapatkan rasa yang lembut hati angsa harus dimasak setengah matang. Kalau terlalu matang dan bau khasnya hilang, rasanya akan keras.

Tak hanya jenis daging, panganan jenis lain seperti roti ialah Poulet Volauvent. Terbuat dari Puff Pastry yang sangat garing ditambah dengan potongan daging ayam.

Sebagai penutup, hidangan pencuci mulut ialah Creme Brulee. Creme Brulee kaya akan krim susu yaqng sangat lembut seperti es krim. Di atasnya terdapat caramel yang manis dan leleh begitu sampai di lidah seperti permen. Yang membuat cita rasa dari Creme Brulee adalah adanya campuran dari French Brendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com