Kompas.com - 22/05/2013, 10:51 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara menarik wisatawan untuk datang ke destinasi wisata, termasuk melalui foto. Hal inilah yang mendasari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar "Lomba Foto Sadar Wisata" bagi masyarakat di seluruh tanah air.

"Yang kita ambil maksutnya bagaimana kita mempublikasi kalau kita punya alam," ujar  Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Lomba Foto Sadar Wisata 2013, lanjut Firman, bertujuan untuk mengangkat destinasi-destinasi baru yang ada di berbagai wilayah seluruh Indonesia. "Kita menginginkan destinasi-destinasi baru. Temanya itu kan 'Kenangan Indah: Manusia, Budaya dan Alam Indonesia'. Itu semua salah satu komponen wisata. Dari tema itu dicari foto yang bisa menimbulkan kenangan, nah dengan adanya kenangan kan datang orang ke situ," paparnya.

Hal serupa pun diungkapkan oleh Ketua Dewan Juri Lomba Foto, Sigit Pramono, yang mengungkapkan lewat lomba foto tujuan utamanya yaitu mempromosikan dan mengingatkan bahwa banyak tempat wisata di Indonesia yang belum banyak dikenal oleh masyarakat.

"Tujuan adalah untuk merangsang anggota masyarakat kita ini untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu yang memang indah," katanya.

Melalui lomba foto ini, ujar salah satu dewan juri, Darwis Triadi, bermaksud menggairahkan masyarakat di daerah untuk juga turut serta. "Tema kita benar-benar sadar wisata. Jangan ragu-ragu untuk kawan-kawan di daerah walaupun fasilitas, peralatan sederhana kita akan menilai," ungkap Darwis.

"Konsep kita ini untuk menggali tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia yang belum terjamah bahkan kalau tempat-tempat yang sudah terbiasa misalnya Bromo, Borobudur, kecuali kalau ambil angel lain yang menarik," sambungnya.

Dewan juri lain yaitu Arbain Rambey mengatakan, salah satu syarat mengikuti lomba foto adalah foto minimal diambil dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Bentuk foto bisa dibuat tercetak maupun elektronik, untuk ketentuan lomba bisa dilihat lebih lanjut pada website Kemenparekraf.

Selanjutnya, karya foto terbaik yang akan memperebutkan total hadiah puluhan juta tersebut, akan dipamerkan di West Mall Grand Indonesia, Jakarta 20-22 September 2013, bersamaan dengan peringatan Hari Pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.