Pengusaha Pariwisata Dukung Penanganan Sampah di Bunaken

Kompas.com - 28/05/2013, 11:46 WIB
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Pengusaha pariwisata Manado, mendukung seluruh strategi pemerintah untuk menangani sampah di kawasan Taman Laut Bunaken. "Dalam pertemuan dengan kami, para pengusaha wisata alam tersebut, memberikan berbagai usulan mengenai masalah sampah yang mengancam keindahan bawah laut kita," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Senin (27/5/2013).

Menurut Vicky, para pemilik resort di Manado tersebut berpendapat sampah yang sampai ke taman nasional laut Bunaken itu, sebenarnya bukan hanya berasal dari Kota Manado, tetapi juga luar Manado.

"Bahkan ada yang mengatakan kalau sampah yang mengancam  taman laut itu berasal dari Pulau Bangka, Minahasa Utara yang letaknya jauh dari situ, karena itu kami bersama mencari jalan keluar," kata Vicky.

Pada dasarnya, menurut Vicky, pengusaha pariwisata Manado menyatakan dukungannya kepada pemerintah untuk menyelesaikan sampah yang menjadi salah satu masalah di Manado karena secara langsung atau tidak berhubungan dan sangat berdampak terhadap usaha mereka.

General Manager Siladen Resort and Spa, Daniele Marianelli, mengatakan siap membantu pemerintah ikut menyelesaikan persoalan sampah yang sering menjadi keluhan para wisatawan yang menikmati keindahan alam bawah laut Manado.

"Kami berharap pemerintah kota juga bisa berkoordinasi dengan kabupaten dan kota lainnya, agar taman laut Bunaken andalan kita tetap bersih dan terpelihara, serta menarik perhatian para wisatawan," kata Daniele.

Daniele mengatakan jika sampah bisa teratasi dengan baik di kawasan taman laut tersebut, maka promosi pariwisata ke depan akan semakin efektif, sebab bukan hanya para pengusaha yang mempromosikan keindahan dan kebersihan Bunaken tetapi seluruh tamu atau wisatawan yang pernah berkunjung sebelumnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X