Kompas.com - 06/01/2014, 08:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Apa resolusi terbaik untuk hotel di tahun yang baru ini? Mungkin beberapa keinginan Anda tercantum di bawah ini. Kompas Travel menanyakan kepada beberapa orang dari kalangan pariwisata maupun pelancong mengenai harapan mereka tentang pengembangan hotel di Indonesia.

Jadwal buka hotel tepat waktu. Di 2013, beberapa hotel sudah mengumumkan akan membuka hotel terbaru mereka. Namun kenyataannya, banyak hotel yang jadwal peluncuran hotelnya molor. Ada baiknya jadwal pengumuman pembukaan hotel baru dikeluarkan bila benar-benar sudah ada kepastian.

Foto kamar dan hotel sesuai aslinya. Hal yang paling mengesalkan saat memesan sebuah kamar hotel melalui situs online adalah antara foto kamar di situs resmi hotel berbeda dengan kondisi nyatanya.

Wifi gratis. Umumnya hotel-hotel baru telah menerapkan akses internet gratis. Namun, hotel-hotel lama juga hotel-hotel mewah masih menerapkan tarif untuk penggunaan internet. Shangri-La Hotel Jakarta merupakan salah satu hotel berbintang lima yang memberikan fasilitas internet gratis kepada tamunya.

Mobile check-in. Fasilitas check-in secara mobile melalui ponsel pintar maupun laptop sudah tersedia untuk beberapa maskapai penerbangan. Namun, fasilitas serupa bisa saja diterapkan untuk check-in di sebuah hotel.

Hal ini bukan khayalan. Jaringan hotel internasional, Marriott, telah melakukannya di tahun 2013 melalui aplikasi mobile check-in di hotel-hotel yang tersebar di Amerika Serikat. Di tahun 2014, rencananya aplikasi ini akan tersedia di hotel-hotel jaringan Marriott di berbagai negara di dunia.

Harga minibar dan room service yang wajar. Fasilitas minibar dan room service tak begitu dilirik oleh tamu karena harganya yang cenderung selangit. Harga makanan melalui jasa room service maupun harga aneka camilan setidaknya bisa dibuat lebih wajar dan terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.