Kamis, Wisata Keraton Dibuka Kembali

Kompas.com - 18/02/2014, 16:18 WIB
Wisatawan mengunjungi Keraton Yogyakarta yang ditutup untuk umum akibat tebalnya abu vulkanik yang menyelimuti kawasan tersebut, Sabtu (15/2/2014). Letusan Gunung Kelud mengakibatkan lumpuhnya sektor pariwisata di berbagai wilayah yang terkena dampak. KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Wisatawan mengunjungi Keraton Yogyakarta yang ditutup untuk umum akibat tebalnya abu vulkanik yang menyelimuti kawasan tersebut, Sabtu (15/2/2014). Letusan Gunung Kelud mengakibatkan lumpuhnya sektor pariwisata di berbagai wilayah yang terkena dampak.
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wisata Keraton Kasultanan Yogyakarta rencananya akan dibuka kembali Kamis (20/2/2014). Untuk sementara ini, ratusan abdi dalem Keraton dibantu oleh personel TNI Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY tengah membersihkan kompleks Keraton dari debu vulkanik Kelud.

"Targetnya, wisatawan bisa berkunjung kembali Kamis besok," ucap Penghageng Tepas Pariwisata Keraton Kasultanan Yogyakarta, GBPH Prabukusumo di sela kegiatan pembersihan Keraton, Selasa (18/2/2014) siang.

Menurut Prabukusumo, sejak hujan abu vulkanik mengguyur DIY, Jumat (14/2/2014) lalu, seluruh bangunan Keraton juga diselimuti abu hingga setebal tiga centimeter. Pendopo-pendopo utama termasuk gamelan dan berbagai furnitur Keraton juga terselimuti abu tebal. Karenanya, dia terpaksa menutup layanan wisata di sana. Sejumlah perjanjian kunjungan wisatawan domestik dan asing juga dibatalkan karena Keraton harus dibersihkan dulu.

"Kami harap seluruh abdi dalem Keraton mau turut serta membantu membersihkan Keraton," kata Gusti Prabu. (Tribun Jogja/Ekasanti Anugraheni)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X