Kompas.com - 27/05/2014, 14:15 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Thailand merupakan salah satu destinasi wisata favorit orang Indonesia. Situasi politik terkini mau tak mau membuat banyak wisatawan Indonesia khawatir melakukan perjalanan ke Thailand.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kamis (22/5/2014) pukul 17.00 waktu Bangkok, pihak militer Thailand mengambil alih pemerintahan negara. Jam malam diberlakukan pukul 22.00-05.00 waktu setempat sejak Kamis (22/5/2014) malam.

Jika Anda terlanjur membeli tiket dan masih berniat untuk berwisata ke Thailand, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pesawat. Ada baiknya Anda memilih jam penerbangan di pagi atau siang hari. Sebab, saat ini masih diberlakukan jam malam secara nasional. Tidak perlu khawatir mengenai transportasi, sebab transportasi dari dan ke bandara diperbolehkan.

Jadi, walau Anda datang dan pergi dari Thailand dengan penerbangan malam, akses dari dan menuju bandara masih diperbolehkan. Taksi selalu tersedia di bandara. "Taksi selalu tersedia. Tapi ya tentunya pagi lebih banyak," ungkap Ray Indra Nugraha dari Tourism Authority of Thailand (TAT) kepada Kompas Travel.

Tempat wisata. Menurut Indra, tempat-tempat wisata buka seperti biasa. Hanya saja, turis diharapkan dapat menghindari tempat-tempat demonstrasi, serta perlu mengingat adanya jam malam.

Beberapa tempat belanja tutup di sekitar pukul delapan malam. Tempat-tempat turistik yang biasa ramai hingga larut malam pun sepi di saat jam malam berlaku. Di beberapa tempat wisata juga ada tentara yang berjaga-jaga.

Destinasi wisata. Konsentrasi demonstrasi berada di kota Bangkok. Sementara itu, seperti dituturkan Indra, luar kota seperti Pattaya dan Ayutthaya aman. Jadi, Anda bisa saja memilih destinasi-destinasi tersebut.

Hotel. Ada baiknya memilih hotel dekat dengan KBRI Bangkok. Sehingga memudahkan untuk mencari informasi maupun perlindungan. Seperti yang dilakukan Vitri Aldilah.

Pada akhir pekan kemarin, ia bersama dua orang kerabat, berwisata di Bangkok. Ia sampe Kamis (22/5/2014) siang. "Kebetulan memang nyari hotel dekat KBRI, jadi kalau sewaktu-waktu ada apa-apa lebih aman," tuturnya kepada Kompas Travel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.