Kompas.com - 10/08/2015, 15:12 WIB
EditorI Made Asdhiana

PADANG, KOMPAS.com
- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menunjuk Kota Padang, Sumatera Barat, sebagai tuan rumah Festival Kuliner Soto dan Sate Nusantara 2015.

"Kemenpar sudah menetapkan penyelenggaraan Festival Sate dan Soto dilaksanakan di Kota Padang. Kegiatan itu akan berlangsung 5 sampai 6 September," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Dian Fakri di Padang, Senin (10/8/2015).

Ia menjelaskan kegiatan yang digelar Kemenpar tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah menggenjot sektor pariwisata dan kuliner khas Nusantara.

Untuk mendukung pelaksanaan tersebut, Disbudpar Kota Padang sudah melakukan persiapan pelaksanaan, di mana seluruh pusat kegiatan tersebut dilaksanakan di Museum Adityawarman.

Menurut Dian, penunjukan Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut dinilai sangat wajar, karena selama ini Sumbar terkenal dengan berbagai masakannya. "Selama ini Sumbar sudah identik dengan masakan rendangnya, dan sate serta soto juga bagian dari ciri khas masakan dari Sumbar," katanya.

Sate, soto dan rendang, lanjut Dian, merupakan makanan yang sudah masuk dalam daftar 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI). Hal itu sangat positif terhadap pengenalan masakan tradisional dari Sumbar.

Dian menambahkan, seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut sepenuhnya ditentukan oleh pihak Kemenpar, termasuk daerah asal masakan tersebut.

Sementara Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan, festival kuliner tersebut harus mampu dimanfaatkan untuk terus mempromosikan keberagaman masakan khas dari Sumbar.

"Kegiatan itu akan mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dan mengenalkan lebih dalam tentang keunikan masakan Sumbar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.