Kompas.com - 01/06/2016, 16:20 WIB
Ibu kota China, Beijing. Getty/International Business TimesIbu kota China, Beijing.
EditorI Made Asdhiana

BEIJING, KOMPAS.com - Sajian kuliner Indonesia bercita rasa tinggi dengan bendera "Wonderful Indonesia" memeriahkan "ASEAN-China Gourmet Festival", serangkaian Pekan ASEAN-China memperingati 25 tahun kemitraan dialog ASEAN dan China berlangsung di Beijing, Senin (30/5/2016) malam.

Kue pastel, lemper modifikasi, beserta wedang jahe, jus jeruk, dan jus semangka menjadi kudapan ringan bagi para tamu undangan yang hadir sebelum memulai acara puncak.

Ditampilkan pula kerupuk udang, keripik singkong, serta keripik apel dan salak khas Malang, Jawa Timur.

Usai menyaksikan tarian Lenggang Nyai oleh Sanggar Tari Pelangi, Guangzhou, Sekjen ASEAN-China Yang Xiuping, Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo dan beberapa duta besar serta perwakilan duta besar negara ASEAN menikmati santap malam.

Santap malam dibuka dengan lumpia, kentang isi ayam mirip kroket, dan tahu goreng isi telur, juga dibalut tepung roti. Selanjutnya, para tamu undangan disajikan sop buntut dalam porsi kecil, dan salad udang yang disajikan dengan sambal kacang, layaknya gado-gado.

Tribun Bali Nasi goreng di Jado Warung
Untuk menu utama disajikan nasi goreng sapi dan potongan ikan kakap panggang saus asam manis, dilanjutkan dengan menu penutup berupa puding karamel dan potongan buah.

Selain aneka makanan, dalam santap malam tersebut disajikan pula tiga jenis minuman, yakni air putih, jus jeruk, dan bajigur.

Sambil menikmati hidangan yang tersaji, para tamu undangan juga disuguhi tari Merak dan alunan musik tradisional. Seluruh pramusaji pada malam itu mengenakan kain tradisional Indonesia, seperti batik dan tenun.

Dekorasi restoran pun dihiasi ornamen tradisional khas Indonesia, seperti wayang golek, satu set gamelan, dan lukisan beberapa tarian Indonesia, serta obyek wisata menarik di Indonesia, seperti tari Pendet dan Gunung Bromo.

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo mengatakan, selain memiliki keragaman budaya dan tradisi, Indonesia memiliki aneka macam kuliner khas dengan cita rasa yang unik. "Indonesia memiliki keragaman kuliner dengan cita rasa beragam dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.