Kompas.com - 14/07/2016, 09:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sunblock yang beredar di pasaran punya beragam jenis dan harga. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan SPF, tekstur, dan komposisinya.

Pertama, Anda harus memperhatikan tingkat SPF terlebih dahulu. Apabila berada lebih dari dua jam di luar ruangan, Anda dianjurkan menggunakan minimal SPF 30.

Ada dua jenis sunblock yang bisa dibedakan lewat ketahanannya yaitu sweatproof dan water-resistant. Namun pada dasarnya, tidak ada sunblock yang tahan terhadap air. Anda tetap harus mengoleskannya lagi apabila sudah satu jam di luar ruangan. Terutama bagi Anda yang melakukan aktivitas air, seperti berenang.

Sunblock punya berbagai kandungan. Pastikan Anda membeli sunblock yang mengandung zinc oxide, avobenzone, atau titanium dioksida yang menjamin perlindungan yang luas.

Namun dalam pernyataan Dr Raja Sivamani, ahli dermatologi di University of California, yang terpenting adalah kandungan zinc. Kandungan ini bisa memberikan perlindungan ekstra yang kuat terhadap kulit Anda.

Jenis sunblock juga bisa dibedakan dari teksturnya. Ada sunblock dalam bentuk spray, krim, stick dan lainnya. Namun dari sekian banyak jenis, sunblock krim adalah yang terbaik untuk digunakan. Sunscreen spray tidak bisa memberikan perlindungan yang menyeluruh dan sebaik krim.

Terakhir, Anda harus pastikan sunblock tersebut memiliki perlindungan terhadap semua jenis sinar ultraviolet. Banyak sunblock yang memiliki SPF tinggi dan perlindungan terhadap UVA, namun tidak terhadap UVB. Begitu pun sebaliknya.

Oleh karena itu, carilah sunblock yang merupakan "paket lengkap" dari semuanya. Pastikan sunblock tersebut cocok diaplikasikan pada kulit Anda dan tidak menyebabkan alergi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.