Kompas.com - 04/02/2017, 16:14 WIB
Di tengah adegan, para penari Gandrung menyanyikan Gending Seblang Lukinto bersama-sama pada acara Gandrung Sewu, Pantai Boom, Banyuwangi, Jatim, Sabtu (17/9/2016). KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIDi tengah adegan, para penari Gandrung menyanyikan Gending Seblang Lukinto bersama-sama pada acara Gandrung Sewu, Pantai Boom, Banyuwangi, Jatim, Sabtu (17/9/2016).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi dinobatkan menjadi The Best Festival City di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat launching Banyuwangi Festival di Kementrian Pariwisata Jakarta Jumat (3/2/2017).

"Untuk tahun 2017, Banyuwangi menggelar sebanyak 72 festival dan ini luar biasa karena secara kuantitas dan kualitas selalu mengalami peningkatan tiap tahun. Jadi Banyuwangi layak dinobatkan sebagai the best festival city dan di nomor dua adalah Solo yang tahun ini menggelar 57 event selama setahun," jelasnya.

Arief mengatakan, dengan adanya Banyuwangi Festival, Kabupaten Banyuwangi mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dengan perputaran uang mencapai Rp 1,5 triliun selama setahun.

"Kita pakai hitungan kasar saja jika kunjungan wisatawan asing yang mencapai 80.000 dan menghabiskan uang rata-rata 500 dollar AS per hari dan wisatawan nusantara yang jumlahnya sekitar 3,2 juta dan menghabiskan sekitar Rp 850.000 sampai Rp 1 juta perhari maka ada perputaran uang sekitar Rp 1,5 rupiah di Banyuwangi," jelasnya.

Ira Rachmawati Launching B-Fest 2017 di Kemenpar Jumat (3/2/2017)
Selain itu, Arief juga mengatakan akan ikut mempromosikan festival yang akan digelar Kabupaten Banyuwangi terutama yang bertaraf internasional seperti Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival, dan juga pagelaran Gandrung Sewu.

"Ada 3 event yang akan kami bantu promosikan dan ini masih bisa diganti mungkin ada event lain yang butuh promosi,"" jelasnya.

Arief juga meminta Kabupaten Banyuwangi untuk lebih mengembangkan wisata bahari termasuk juga mengembangkan marina di Pantai Boom.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Marina ini bagus karena satu yacht bisa menghasilkan Rp 1 miliar atau spending sekitar 100.000 dollar AS dan marina yang ada di Pantai Boom Banyuwangi akan menampung 40 yacht dan nanti 2018 akan dikembangkan menjadi 140 yatch dan setidaknya akan ada Rp 1 triliun dari spending mereka," jelas Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.