Contek 9 Resolusi Wisata Tahun 2019 - Kompas.com

Contek 9 Resolusi Wisata Tahun 2019

Kompas.com - 02/01/2019, 20:16 WIB
Ilustrasi wisatawan asingKOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ilustrasi wisatawan asing

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, banyak pelancong yang mulai membuat resolusi untuk pencapaian di 2019. Tidak hanya pekerjaan atau cinta, resolusi juga dapat mengenai wisata.

Di samping destinasi, cara berwisata di 2019 juga dapat memengaruhi perkembangan kepribadian sebagai seorang wisatawan. Berikut adalah sembilan resolusi wisata 2019 yang dapat dicontoh, agar wisata semakin seru dan menjadi wisatawan yang lebih matang dalam berwisata:

1. Membawa Barang Lebih Sedikit

Istilah travel light atau berwisata dengan barang bawaan penting dalam jumlah sedikit dapat dicoba. Selain lebih enteng dibawa, membawa barang lebih sedikit juga dapat menghemat biaya bagasi serta membuat wisatawan pintar memilah barang-barang yang dibutuhkan.

Kebiasaan memilah barang sesuai kebutuhan ini dapat menjadi kebiasaan yang berimbas pada kehidupan sehari-hari.

2. Memotret Lebih Baik

Oleh-oleh foto yang bagus dan berkesan adalah oleh-oleh termurah sekaligus paling ringan. Tidak ada salahnya untuk belajar fotografi atau mengikuti kelas khusus dan tur fotografi. Memotret dapat menjadi keaahlian tambahan yang bermanfaat di 2019.

3. Stop Membuat Alasan

Takut, tidak ada bujet, dan kurang cuti membuat liburan jadi tertunda. Jangan tunda liburan di 2019 ini. Rencanakan dari awal tahun, ke mana destinasi yang diinginkan, pameran wisata yang ingin disambangi, juga bujet wisata yang harus disiapkan.

4. Istirahat dari Media Sosial

Ada kalanya berwisata lebih nikmat ketika jauh dari media sosial. Fokuslah dengan perjalanan dan koneksi dengan lokasi dan orang sekitar ketika berwisata. Media sosial dapat menunggu, ketika pulang dari tempat wisata.  

Ilustrasi tempat makan plastikcoffeekai Ilustrasi tempat makan plastik

5. Berwisata yang Bertanggung Jawab

Anda dapat memilih cara berwisata yang cinta lingkungan. Seperti tidak menggunakan plastik selama berwisata, memilih untuk menggunakan transportasi umum, dan belanja dari komunitas setempat.

6. Membuka Diri Terhadap Orang Lokal

Jika selama ini fokus wisata habis untuk media sosial, bukalah diri Anda untuk berbincang dengan orang lokal. Ada banyak keuntungan berinteraksi dengan orang lokal. Seperti menambah persahabatan, wawasan, dan tips berwisata setempat.

7. Keluar Dari Zona Nyaman

Jika selama ini Anda takut untuk mencoba cara berwisata baru misalnya bepergian sendiri, destinasi alam terbuka dan terpencil, cobalah di 2019. Namun jangan lupa lakukan perencanaan dengan matang sebelum berangkat.

8. Eksplor Sekitar Tempat Tinggal Anda Sendiri

Cobalah untuk mengeksplorasi kampung halaman yang sendiri. Ikutlah tur lokal yang membuka wawasan terhadap kota tempat tinggal Anda sendiri. 

9. Belajar Hal Baru

Mulai dari belajar bahasa, masakan, sampai cara hidup setempat di destinasi yang Anda kunjungi. Buat daftar belajar di destinasi yang ingin Anda kunjungi. 



Close Ads X