Contek 9 Resolusi Wisata Tahun 2019

Kompas.com - 02/01/2019, 20:16 WIB
Ilustrasi wisatawan asingKOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ilustrasi wisatawan asing

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, banyak pelancong yang mulai membuat resolusi untuk pencapaian di 2019. Tidak hanya pekerjaan atau cinta, resolusi juga dapat mengenai wisata.

Di samping destinasi, cara berwisata di 2019 juga dapat memengaruhi perkembangan kepribadian sebagai seorang wisatawan. Berikut adalah sembilan resolusi wisata 2019 yang dapat dicontoh, agar wisata semakin seru dan menjadi wisatawan yang lebih matang dalam berwisata:

1. Membawa Barang Lebih Sedikit

Istilah travel light atau berwisata dengan barang bawaan penting dalam jumlah sedikit dapat dicoba. Selain lebih enteng dibawa, membawa barang lebih sedikit juga dapat menghemat biaya bagasi serta membuat wisatawan pintar memilah barang-barang yang dibutuhkan.

Kebiasaan memilah barang sesuai kebutuhan ini dapat menjadi kebiasaan yang berimbas pada kehidupan sehari-hari.

2. Memotret Lebih Baik

Oleh-oleh foto yang bagus dan berkesan adalah oleh-oleh termurah sekaligus paling ringan. Tidak ada salahnya untuk belajar fotografi atau mengikuti kelas khusus dan tur fotografi. Memotret dapat menjadi keaahlian tambahan yang bermanfaat di 2019.

3. Stop Membuat Alasan

Takut, tidak ada bujet, dan kurang cuti membuat liburan jadi tertunda. Jangan tunda liburan di 2019 ini. Rencanakan dari awal tahun, ke mana destinasi yang diinginkan, pameran wisata yang ingin disambangi, juga bujet wisata yang harus disiapkan.

4. Istirahat dari Media Sosial

Ada kalanya berwisata lebih nikmat ketika jauh dari media sosial. Fokuslah dengan perjalanan dan koneksi dengan lokasi dan orang sekitar ketika berwisata. Media sosial dapat menunggu, ketika pulang dari tempat wisata.  

Ilustrasi tempat makan plastikcoffeekai Ilustrasi tempat makan plastik

5. Berwisata yang Bertanggung Jawab

Halaman:



Close Ads X