Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Tirtonadi Kota Solo Bisa Jadi Wisata, Bukan Sekadar Tempat Tunggu Bus

Kompas.com - 09/01/2022, 17:53 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan telah mengubah Terminal Tirtonadi di Solo Jawa Tengah menjadi tempat sosial dan budaya.

Dengan wajah barunya, terminal tipe A ini memiliki fasilitas ruang serbaguna yang bisa dipergunakan untuk berbagai tujuan.

Beberapa di antaranya seperti untuk pameran, konser musik, pernikahan, kegiatan seni budaya, olahraga, dan kuliner.

Baca juga: Perkiraan Tarif Batik Solo Trans, Sekarang Masih Gratis

Kami berupaya mendukung potensi yang ada di kota Solo melalui revitalisasi Terminal Tirtonadi yang kini memiliki fasilitas convention hall, sport center, food court, dan lain sebagainya, yang akan menarik perhatian masyarakat,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (9/1/2022).

Menhub mengungkapkan, adanya tambahan fasilitas tersebut diharapkan membuat makin banyak masyarakat dari berbagai kalangan, serta para penikmat seni yang datang dan merasa nyaman berada di terminal.

Berbagai fasilitas, tambah Menhub, juga diharapkan dapat meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan umum bus.

"Terminal Tirtonadi menjadi contoh pertama penerapan konsep baru pengelolaan sebuah terminal di Indonesia, yang memiliki nilai tambah dan mendukung berbagai sektor lainnya seperti pariwisata, industri, sosial, seni budaya, ekonomi dan sektor lainnya," ujar Budi.

Baca juga: Perjalanan Jakarta ke Solo, Cek Dulu Tarif Tol yang Perlu Disiapkan

Adapun terminal ini menempati lahan seluas sekitar lima hektar. Ada Sport Center seluas 1.512 meter persegi yang mampu menampung 300 penonton tribun, serta Convention Hall seluas 3.564 meter persegi berkapasitas hingga 2.500 orang.

Bisa dukung event-event di Kota Solo

Sementara itu Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa ia menyambut baik inovasi di Terminal Tirtonadi.

Terminal Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah.Dok. Kemenhub Terminal Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah.

Menurutnya, fasilitas yang ada di terminal bisa digunakan untuk mendukung acara-acara rutin yang ada di kota Solo, misalnya pertunjukan seni, musik, turnamen olahraga, dan event.

“Sudah ada beberapa event di Kota Solo yang diselenggarakan di Terminal Tirtonadi seperti pertunjukan Solo Keroncong, konser Rock in Solo, dan sejumlah turnamen olahraga" kata Gibran.

Baca juga: Lewat Solo, Coba Mampir Istirahat di Taman Tirtonadi

Ia melanjutkan fasilitas di Terminal Tirtonadi cukup komplet dan benar-benar menjadi one stop solution.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com