Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata Keluarga Murah di Bogor, Mulai dari Rp 15.000

Kompas.com - 28/06/2024, 07:37 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bogor merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang menawarkan berbagai pilihan kegiatan seru dengan harga yang terjangkau. 

Bogor dikenal dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Lokasinya yang strategis juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas tanpa harus mengeluarkan bujet liburan yang besar. 

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Bogor juga memiliki berbagai wahana rekreasi dan edukasi yang cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. 

Dari taman bermain hingga kebun binatang, Bogor menyediakan berbagai atraksi menarik yang dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

berikut beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Bogor yang sangat ramah di kantong. 

Baca juga:

1. Kebun Raya Bogor

Pintu 1 Kebun Raya BogorDok.commons.wikimedia.org/Ilham Mufti Laksono Pintu 1 Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, yang terletak di tengah Kota Bogor, merupakan kebun raya terbesar dan tertua di Asia Tenggara. 

Kebun ini memiliki luas 87 hektar dan dikenal dengan berbagai julukan seperti Land's Plantentuin, Kebun Gede, Sykobutzer, dan Botanical Garden of Indonesia. 

Dalam kebun ini terdapat koleksi pohon dan tanaman langka, termasuk Bangkai (Amorphophallus Titanium), yang menjadi daya tarik utama.

Menurut informasi resmi dari situsnya, Kebun Raya Bogor buka setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00 - 16.00 WIB pada hari Senin hingga Jumat, dan pukul 07.00 - 16.00 WIB pada akhir pekan dan hari libur nasional. Pengunjung dapat memasuki kebun melalui pintu 1 dan 3.

Baca juga: 5 Tempat Piknik di Bogor, Kebun Raya Bogor, hingga Cibodas

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor, pada hari Senin hingga Jumat, pengunjung lokal maupun asing dikenai tarif sebesar Rp 16.500, sedangkan untuk pengunjung yang membawa sepeda dikenai tarif Rp 15.000. 

Ppada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, harga tiket masuknya adalah Rp 26.500 untuk pengunjung lokal maupun asing.

2. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya SentulDok.https://www.tamanbudaya.co.id/ Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul City, yang berlokasi di Jalan Siliwangi Nomor 1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menawarkan beragam wahana dan aktivitas untuk pengunjungnya. 

Tempat wisata ini menerapkan jam operasional yang bervariasi tergantung pada jenis wahana yang ingin dikunjungi. 

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Rumpin Bogor Jawa Barat, Ada Curug dan Taman

Wahana adventure dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan wahana lainnya hanya buka pada hari Jumat hingga Minggu pada jam yang sama. Selain itu, terdapat juga Food Street yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Pengunjung dapat memasuki Taman Budaya Sentul City secara gratis, namun setiap wahana memiliki tiket masuk tersendiri dengan harga mulai dari Rp 15.000. Terdapat lebih dari 21 wahana yang dapat dinikmati di tempat wisata ini.

Selain wahana, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas outbound seperti flying fox, forest hiking, rafting, panahan, ATV, dan becak mini. 

3. The Farm Pancawati Bogor

The Farm Pancawati merupakan destinasi wisata yang menawarkan fasilitas lengkap untuk pengunjung. 

Mulai dari kolam renang, spot foto Instagramable, area piknik dan camping, mini zoo, kebun jati, restoran, dan vila. Lokasinya berada di Jalan Tapos, Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Destinasi ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Harga tiket masuk The Farm Pancawati cukup terjangkau, yaitu Rp 15.000 untuk area The Farm. 

Baca juga: 7 Hotel Bernuansa Alam di Bogor, Tarif Rp 290.000-an

Pengunjung juga dapat menjelajahi kebun jati dengan membeli tiket terpisah seharga Rp 10.000. Tiket tersebut sudah termasuk akses gratis ke kolam renang, mini zoo, dan semua spot foto Instagramable. 

Untuk memberi makan hewan di mini zoo, pengunjung dapat membeli pakan terpisah seharga Rp 10.000 per kantong.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com